Apa Itu Penyakit Metal OCD dan Bagaimana Ciri-cirinya? Cek Disini!

Apa Itu Penyakit Metal OCD dan Bagaimana Ciri-cirinya? Cek Disini!

Apa Itu Penyakit Metal OCD Bagaimana Ciri-cirinya?--

SILAMPARITV.CO.ID - OCD  (Obsessive-Compulsive Disorder) merupakan salah satu gangguan mental langka yang memiliki ciri-ciri terobsesi dengan sesuatu. 

Namun, banyak orang yang salah mengartikannya dan tak mengerti apa sebenarnya arti dari Mental OCD tersebut.

Adapun sebagian orang yang mengaku bahwa mereka sedang mengalamimental  OCD, akan tetapi jika mereka mengungkapkannya seolah-olah OCD adalah sebuah keunikan lucu yang bisa ditertawakan dan bukan sesuatu gangguan mental yang membuatnya stres, cemas dan menyusahkan kehidupannya sewaktu-waktu, kemungkinan besar mereka tidak mempunyai OCD.

Sedangkan, penyakit mental OCD sering mengaitkan dengan seseorang yang memiliki hobi mengorganisir barang-barangnya atau tidak tahan sewaktu melihat sesuatu yang nggak simetris dan cenderung menyusun suatu barang dengan pola yang sama.

BACA JUGA:Nikmati Pemandangan Indah dan Sejuk dari atas Gunung Dempo, Ini Tips Berwisata di Gunung Dempo Pagar Alam

Selain itu, Penyandang penyakit mental OCD memiliki sebuah kemiripan dengan kondisi seperti pada saat Anda dan teman Anda berdiri di sebuah tepian jurang. 

Apabila, kalian melihat ke bawah dan menyadari betapa tingginya jurang tersebut lalu, entah dari mana Anda berpikir, “Hanya dengan sedikit dorongan saja aku bisa membunuh orang ini.” “Nyawa orang tersebut berada di tanganku.”

Tetapi kemudian pada saat Anda sadarkan diri, menertawai kegilaan dari pikiran anda sendiri dan melanjutkan hidup.

Namun, letak perbedaannya adalah mereka tidak bisa sadar mengabaikannya, Inilah yang dikenal sebagai Obsesi.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik yang Nyaman Digunakan Saat Ingin Melakukan Rutinitas Joging 

Obsesi tersebut dapat secara terus-menerus menghantui pikiran mereka yang terkena OCD tersebut.

“Apa bener itu cuma pikirannya saja?” “Gimana jika halnya tersebut benar-benar terjadi?” “Mungkin aku memang diam-diam seorang pembunuh?” Itu yang cenderung dirasakan oleh penderita gangguan mental ini.

Pelru kalian ketahui bahwa jenis obsesi yang dapat muncul juga macam-macam. Contohnya, seorang penyandang OCD dapat mengkhawatirkan dirinya adalah seorang pedofil.

Ataupun  jika dirinya terkena kotoran, akan khawatir terinfeksi penyakit yang mematikan. Atau khawatir kunci rumahnya tidak aman dan seseorang akan masuk dengan paksa.

Sumber: