Inilah 4 Akibat Buruk dari Sikap Pamrih Melakukan Kebaikan

Inilah 4 Akibat Buruk dari Sikap Pamrih Melakukan Kebaikan

ilustrasi pamrih terhadap kebaikan--freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Pamrih melakukan kebaikan, rupanya dapat mengakibatkan dampak buruk. Perbuatan baik harus dilakukan dengan ikhlas.

Hati yang penuh empati dan kasih sayang tentu akan membuat kita bisa beramal shaleh dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan apa pun dari si penerima kebaikan.

Namun ketulusan terkadang tidak mudah untuk diungkapkan. Beberapa orang masih mempunyai niat khusus untuk mengabdi pada kebaikan yang dilakukannya.

Padahal, sikap tidak mementingkan diri sendiri ini bisa menimbulkan beberapa dampak buruk, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

BACA JUGA:Memasuki Musim Rambutan, Ini 5 Manfaatnya Bagi Kesehatan, Cek di Sini!

1. Sering kecewa 

Orang yang mengharapkan orang lain membalas kebaikannya sering kali kecewa, apalagi jika orang lain tidak melakukan hal yang sama terhadapnya. Kebahagiaannya tidak berdasarkan, melainkan bergantung pada reaksi orang lain terhadap kebaikan yang dilakukannya.

 BACA JUGA:Apa Itu Panic Attack? Kenali Penyebab dan Gejalanya di Sini

2. Hilangnya motivasi berbuat baik 

Egoisme perlahan menggerogoti keinginan seseorang untuk berbuat baik, apalagi ketika ia menerima banyak jawaban yang tidak sesuai dengan keinginannya.

Tentu saja hal ini sangat membahayakan nyawanya, karena ia tidak lagi melakukan sesuatu hanya untuk berbuat baik kepada orang lain, melainkan untuk kepentingan dirinya sendiri.

3. Selalu curiga terhadap orang lain 

Orang yang egois ibarat pembohong yang tidak dipercaya meski mengatakan kebenaran.

BACA JUGA:Inilah 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Memiliki Sifat Rendah Hati

Sumber: