Suka Menahan Kentut? Inilah 4 Dampaknya!

Suka Menahan Kentut? Inilah 4 Dampaknya!

ilustrasi sakit perut karena menahan kentut--freepik

BACA JUGA:Tak Hanya Enak, Ini 5 Manfaat Keju untuk Kesehatan

2. Menyebabkan Kembung

Kembung terjadi ketika gas terperangkap di usus sehingga menyebabkan perut membengkak.

Hal ini tidak hanya membuat Anda kelebihan berat badan, tetapi juga dapat membuat Anda merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri dengan pakaian Anda.

3. Sering Bersendawa

BACA JUGA:7 Dampak Negatif Terlalu Sering di Ruangan Ber-Ac

Terkadang kentut sepertinya hilang dengan sendirinya. Ini karena tubuh dapat menyerap kembali gas tersebut untuk sementara.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Digestive Diseases and Sciences, gas masih bisa keluar, jika tidak melalui perut yang bengkak, kemudian melalui sendawa atau pernafasan.

4. Resiko Diverticulitis 

Efek kentut yang berulang-ulang dapat meningkatkan risiko terjadinya divertikulitis. Ini adalah kondisi peradangan yang berkembang di saluran pencernaan, biasanya usus besar, dan berkembang menjadi infeksi.

BACA JUGA:Keajaiban Daun Salam dan Serai: 4 Manfaat Luar Biasa dari Campuran Air Rebusan Daun Salam dan Serai, Simak!

Akibatnya, Anda mungkin mengalami mual, muntah, sembelit, atau sakit perut.

Sedikit Tips Mencegah Kentut yang Berlebihan.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika Anda merasa perlu buang angin adalah dengan melepaskannya. Mungkin kentut Anda terdengar berisik atau bahkan berbau tidak sedap, namun hal ini merupakan salah satu fungsi tubuh yang perlu dinormalisasi.

Anda tidak bisa menghilangkan kentut atau perut kembung. Namun, jika Anda ingin mengurangi jumlah kentut yang dihasilkan tubuh, Anda bisa mencoba beberapa hal seperti berikut ini.

Sumber: