Keren! Pendaki Perempuan Asal Indonesia Pertamanya Capai Titik Ujung Kutub Selatan

Keren! Pendaki Perempuan Asal Indonesia Pertamanya Capai Titik Ujung Kutub Selatan

Titik 90°S Kutub Selatan--FB Amundsen-Scott South Pole Station

SILAMPARITV.CO.IDKeren, terdapat pendaki perempuan asal Indonesia pertama mencapai titik paling ujung Kutub Selatan.

Pendaki bernama Putri Handayani ini asal Serdang Bedagai, Sumatera Utara (Sumut).

Melansir dari laman Antara, pada Kamis 18 Januari 2024, Putri berhasil mencapai titik ujung selatan bumi di 90°S, pada Kamis, (28/12/2023) sekitar pukul 13.00 waktu Punta Arenas, Chile.

"Sangat bersyukur dapat sampai di titik ini. Terlebih usai alami sendiri angin dingin yang cukup ekstrim, berjalan bertatih hanya dengan ski, namun akhirnya sampai ke Ceremonial South Pole," ujarnya.

BACA JUGA:Ditemukan 2 WNA Asal Swedia Nekat Berkemah di Lereng Gunung Lewotobi yang Berstatus Awas

Keberhasilan yang dicapai oleh Putri untuk sampai ke kutub selatan memakan waktu selama 8 hari, dengan periode 21-28 Desember 2023, dan berjalan dengan menggunakan ski seraya menarik sled dengan berat 30 kg dari latitude (Garis Lintang) 89°S ke 90°S, hingga menembus cuaca ekstrim dan salju.

Melalui itu, akhirnya Putri berhasil mengibarkan sang Merah Putih untuk bersanding dengan bendera negara-negara lain. 

Pencapaian ini tentu sekaligus menjadikannya sebagai orang pertama asal Indonesia yang berhasil mencapai Kutub Selatan hanya dengan berjalan menggunakan ski.

Sebelum berhasil mencapai titik 90°S (Geographic South Pole), Putri sempat melakukan selebrasi untuk mengucap syukur di titik Ceremonial South Pole yang biasa digunakan para penjelajah untuk melakukan selebrasi di antara 12 bendera dari negara penandatangan asal perjanjian Antartika. Untuk jarak antara kedua titik tersebut hanya 200 m.

BACA JUGA:Bisakah Rumput Laut Menjadi Pengganti BBM Seperti yang Dikatakan Prabowo? Cek di Sini!

Ekspedisi dengan tajuk Road to The Explorer's Grand Slam "Antarctic 8 Expedition" ini bukanlah tanpa hambatan. Berdasarkan rencana awal, ekspedisi ini terdiri dari dua tahap.

Tahap pertama yakni pendakian ke puncak tertinggi yang ada di Benua Antartika, yakni Gunung Vinson (4.892 mdpl), sementara pada tahap kedua merupakan penjelajahan ke Kutub Selatan menuju titik 90°S.

Namun, karena kondisi cuaca yang begitu buruk, pendakian Gunung Vinson yang berlangsung pada tanggal 6 hingga 13 Desember 2023 lalu terpaksa harus terhenti. 

Sementara saat Putri sedang menuju puncak di 12 Desember 2023, dihadapi oleh angin kencang.

Sumber: