Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Hingga Hasilkan Cuan, Pemula Wajib Tau!

Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Hingga Hasilkan Cuan, Pemula Wajib Tau!

Tips dan Cara Ternak Sapi Potong Hingga Cuan--

SILAMPARITV.CO.ID - Seperti kita ketahuui bahwa Negara Indonesia memiliki iklim tropis yang sangat cocok digunakan untuk beternak sapi, yang membuat bisnis budidaya ternak sapi potong itu sendiri menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan. 

Melihat bisnis budidaya ternak sapi potong bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan, ditambah lagi bahwa permintaan daging sapi di Indonesia terus meningkat, dikarenakan daging sapi di gunakan sebagai bahan baku utama pembuat bakso, makanan yang di gemari masyarakat Indonesia.

Disini SILAMPARITV.CO.ID  akan memberikan tips dan cara penggemukan sapi potong untuk pemula simak langkah-langkah berikut ini

1. Pembuatan Kandang Sapi 

BACA JUGA:Wow! Inilah 7 Daftar Kampus Terbaik di Sumatera Selatan Beserta Peringkatnya, Apakah Universitas MuTermasuk?

Pembuatan kandang untuk seekor sapi jantan dibutuhkan lebar kandang minimal sekitar 1,5 × 2 meter. Agar lebih ideal dan lapang, kandang bisa dibuat dengan ukuran 2 × 2 meter. 

Jadi, untuk 4 ekor bakalan, kita membutuhkan 16 m persegi lahan kosong. Tinggi dari tanah ke tempat pakan kurang lebih 90 cm. 

Tinggi kandang sapi potong dari lantai ke plafon, idealnya sekitar 2 meter agar sirkulasi kandang baik. 

2. Pemilihan Bibit Sapi Unggul

Umur bibit berkisar dari 1 – 2 tahun. Sapi dengan usia tersebut akan memiliki potensi lebih tinggi untuk menambah bobot badannya. 

BACA JUGA:Simak Tempat Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Destinasi Luar Negeri

Ukuran sapi yang ideal untuk penggemukan yaitu dengan tinggi pundak normal sekitar 135 cm, berat minimal 200 Kg. Hindari cacat pada sapi, perhatikan bulunya. 

Bulu sapi yang baik yaitu pendek, bulu halus, cerah dan tidak kusam atau berdiri, bentuk muka sapi sebaiknya panjang dengan mata yang berbinar. 

3. Pembuatan Pakan Sapi Berkualitas 

Sumber: