Ini 5 Jenis Tari Tradisional Budaya Jawa Tengah, Apakah Tari Jathilan Termasuk?

Ini 5 Jenis Tari Tradisional Budaya Jawa Tengah, Apakah Tari Jathilan Termasuk?

Tari Tradisional Budaya Jawa Tengah--

SILAMPARITV.CO.ID - Jawa Tengah merupakan salah satu budaya yang sangat dikenal akan tradisi dan adat istiadat di Indonesia.

Berbincang tentang Jawa, pusat budayanya sebenarnya ada di Jawa Tengah, hal itu karena, budaya dan tradisi tarian Jawa mereka sudah menyebar di seluruh Indonesia.

Bahkan, kalian dengan mudah untuk melihat ragam tarian budaya Jawa di setiap acara pertemuan, acara pernikahan ataupun suatu perayaan besar.

Untuk mengenali hal tersebut dan sebagai edukasi anak zaman now, berikut ragam tarian tradisional Jawa Tengah yang perlu kalian ketahui.

BACA JUGA:Debus: Menggali Kekuatan Mistis dan Keberanian dalam Seni Pertunjukan Tradisional Indonesia

1. Tari Gembyong

Tarian tradisional Jawa Tengah yang satu ini adalah pada mulanya mulai populer dari Surakarta.

Tidak sedikit orang yang tahu bahwa asal mula tarian tradisional Jawa Tengah ini ialah tarian rakyat.

Pada umumnya, tari Gembyong dibawakan pada saat musim tanam padi dan musim panen sebagai penghormatan kepada Dewi Sri.

Tarian tradisional tersebut biasanya dibawakan oleh dua orang putri yang masih remaja dengan mengenakan kostum berwarna hijau.

BACA JUGA:Karapan Sapi di Madura: Tradisi Balapan yang Unik dan Meriah

Namun, kostum ini dipadukan dengan bawahan kain batik dan mengenakan selendang berwana kuning panjang yang melikit di pinggang serta perhiasan kepala.

Adapun, para penari tersebut biasanya diiringi lagu khas budaya Jawa dan dibawakan oleh sinden (penyanyi) dan suara gamelan (alat musik tradisional Jawa).

Sedabgkan, gerakan pada tarian tradisional Jawa Tengah ini amat lincah, dan berbaris rapi menghadap penonton di panggung.

Sumber: