Tari Rondang Bulan, Tarian yang Menunjukkan Kegembiraan Gadis Mandailing

Tari Rondang Bulan, Tarian yang Menunjukkan Kegembiraan Gadis Mandailing

ilustrasi tarian tradisional--sanggar tari gandes pamantes

SILAMPARITV.CO.IDIndonesia terkenal dengan kekayaan budayanya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Kekayaan budaya tersebut salah satunya dapat ditemukan di Sumatera Utara.

Berbagai warisan budaya masih dilestarikan di kawasan ini, salah satunya adalah tarian tradisional.

Salah satu tarian tradisional yang paling terkenal adalah tari Rondang Bulan. Tarian ini berasal dari Etelä Tapanuli dan menampilkan keceriaan para gadis Mandailing.

Rondang Bulan sendiri artinya terang bulan, menggambarkan gadis Angkola dan Mandailing menari riang di bawah sinar bulan purnama.

BACA JUGA:Sirompak, Sebuah Ritual Menyanyikan Syair dan Mantra untuk Memikat Wanita dengan Bantuan Alam Gaib

Sepanjang tarian, Anda akan disuguhkan aksi para penari dengan ekspresi riang dan gembira yang akan membuat Anda tenggelam dalam suasana yang hangat.

Tari Rondang Bulan merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah Tapanul Selatan, Sumatera Utara, Indonesia.

Tarian ini mempunyai makna dan simbolisme yang mendalam serta menggambarkan keindahan alam dan kehidupan masyarakat setempat.

Gerakan mengalir lembut melambangkan keindahan alam, seperti aliran sungai, pohon yang bergoyang, dan burung yang terbang bebas.

BACA JUGA:Kenali Budaya yang Hampir Punah, Inilah Tradisi Ngobeng di Palembang

Tarian Rondang Bulan menggambarkan keindahan bulan yang bersinar melalui gerakannya yang lembut dan anggun.

Bulan sering dipandang sebagai simbol keindahan, kedamaian dan kelembutan dalam budaya banyak masyarakat. Dalam tarian ini gerakannya yang lemah lembut dan gemulai mencerminkan kasih sayang, kelembutan dan keindahan yang terkandung pada bulan.

Selain itu dari itu, Tari Rondang Bulan juga memiliki makna persatuan dan kebersamaan. Penari seringkali membentuk formasi melingkar atau saling melingkar atau saling kompak sehingga menciptakan kesatuan dalam gerakannya.

Dapat melambangkan semangat gotong royong, kekompakan dan kerjasama dalam masyarakat.

Sumber: