Pengaruh Game Online Terhadap Penyelesaian Tugas Sekolah Siswa

Pengaruh Game Online Terhadap Penyelesaian Tugas Sekolah Siswa

ilustrasi game online--freepik

BACA JUGA:Mengapa Anak Muda Harus Berpendidikan? Simak 3 Fakta Berikut Ini!

Penelitian yang dilakukan Ryuta menjelaskan bahwa aktivitas otak anak yang sering bermain game cenderung tidak berkembang. Sebaliknya, anak yang lebih banyak belajar berhitung akan lebih mengembangkan otak depannya. 

Hal ini sesuai dengan kenyataan bahwa sebagian besar anak yang rutin bermain game akan malas berpikir dan sulit berkonsentrasi pada pelajaran. Hal ini berdampak besar pada berkurangnya kemampuan konsentrasi belajar sehingga mempengaruhi prestasi akademik siswa.

3. Insomnia

Terlalu banyak menatap layar komputer atau ponsel akan menyebabkan kurangnya produksi hormon melatonin yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan. 

BACA JUGA:Jelajahi Manfaat Lain dari Fasilitas Bimbingan Belajar: Menuju Suksesnya Pendidikan

Akibatnya pemain menjadi kurang tidur sehingga mempengaruhi kinerja akademik siswa hingga sulit berkonsentrasi akibat kurang tidur saat berangkat sekolah di pagi hari.

4. Kecanduan Game (Heroin Digital) Game online bisa dikatakan positif jika tidak mencapai tahap kecanduan. Game online memang bisa digunakan untuk melepaskan penat dari aktivitas sehari-hari, namun sampai batas tertentu. 

Dipercaya tidak baik bagi kesehatan jika seseorang mengalami kecanduan game dimana orang tersebut tidak dapat mengontrol dirinya saat memainkan game tersebut dan harus berhenti.

Saat ini remaja sering kali bermain game online di berbagai kesempatan, termasuk saat belajar. Akibatnya banyak waktu yang terbuang dengan bermain game online. 

BACA JUGA:Pentingnya Menyadari Kesehatan Mental dalam Dunia Pendidikan

Game online memang membuat ketagihan, semua orang tahu dampak buruknya, namun karena kecanduan, mereka tetap melakukannya. Selain itu, otak para pecandu game akan selalu memikirkan game dan mengurangi fokus pada apa yang sedang dihadapi dan dilakukannya.

5. Timbulnya rasa malas dan berkurangnya aktivitas fisik Adalah fakta bahwa fisik remaja saat ini dibandingkan 10 atau 20 tahun yang lalu sangatlah berbeda. 

Banyaknya hal yang dipermudah dengan teknologi berdampak pada kekuatan fisik seseorang. Dengan adanya game online, aktivitas fisik akan berkurang seperti sebelumnya dengan bermain sepak bola, voli.

Bagaimana cara mencegah kecanduan game online?

Sumber: