5 Kain Tradisional Tak Ternilai di Indonesia, Ada Atau Tidak dari Daerah Mu?

5 Kain Tradisional Tak Ternilai di Indonesia, Ada Atau Tidak dari Daerah Mu?

ilustrasi kain tenun tradisional--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKaya akan warisan budaya, Indonesia memiliki beragam kain tradisional yang sangat diperlukan. Dari motif hingga teknik produksinya, kain-kain ini telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Keindahan kain tradisional ini menjadi daya tarik tersendiri. Tak jarang kain-kain tersebut dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan wisatawan rela mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkan sepotong pakaian tradisional Indonesia.

Apa saja kain tradisional khas Indonesia yang sangat diperlukan? Yanti Elik selaku guru jurusan kerajinan batik dan tekstil, SMKN 4 Kupang, laman Kriya Nusa Tenggara Timur membagikan daftarnya.

Lima Kain Tradisional Tak Ternilai di Indonesia. Berikut adalah kain kain tradsional yang tak ternilai di indonesia:

BACA JUGA:Ini dia 5 Kebudayaan Yogyakarta yang Sangat Terkenal

1. Batik

Batik merupakan hasil karya bangsa Indonesia yang merupakan perpaduan di antara seni dan teknologi nenek moyang kita bangsa Indonesia.

Batik Indonesia dapat berkembang ke tingkat yang tak tertandingi baik dalam desain/bahan maupun prosesnya. Kajian mengenai motif batik dengan berbagai makna dan filosofi berlanjut dari berbagai adat dan budaya yang berkembang di Indonesia.

Motif Batik Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, motif adalah corak atau corak. Motif adalah suatu pola yang diciptakan untuk menghasilkan bentuk yang berbeda-beda.

BACA JUGA:Menakjubkan! Tarian Ini Pernah Ditampilkan di Negara Asing, New York

Motif batik adalah corak atau corak yang membentuk kerangka gambar batik sebagai gabungan garis, bentuk, dan motif menjadi satu kesatuan yang mewujudkan batik secara utuh.

Motif batik tersebut antara lain motif binatang, manusia, geometris dan lainnya. Motif batik juga sering digunakan untuk menunjukkan status seseorang.

Batik merupakan kain atau baju tradisi yang diwariskan secara turun temurun. Oleh karena itu, motif batik seringkali menjadi ciri khas batik yang dihasilkan oleh keluarga tertentu.

Tak heran, harga satu helai kain batik bisa mencapai jutaan rupiah. Motif batik yang tersebar luas sangat beragam dan mencerminkan keragaman budaya seluruh nusantara.

Sumber: