Ini dia 5 Kebudayaan Yogyakarta yang Sangat Terkenal

Ini dia 5 Kebudayaan Yogyakarta yang Sangat Terkenal

5 Budaya Yogyakarta yang Sangat Terkenal--

SILAMPARITV.CO.IDSebagai kota budaya, Yogyakarta menawarkan beragam budaya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan asing yang menetap lama di Yogyakarta, bahkan ada yang menetap di sana.

Dari budaya asli Yogyakarta, ada 5 budaya Yogyakarta yang paling terkenal baik di dalam maupun luar negeri. Kebudayaan yang ada di Jogja ini unik, unik dan kuno, sehingga siapa pun yang melihat produk budaya tersebut pasti akan selalu mengingat Jogja.

Jadi bagi yang ingin mengenal Jogja lebih jauh, ada baiknya mengetahui keragaman budaya lokalnya. Apalagi bagi yang ingin berlibur ke sana, budaya ini bisa menjadi salah satu rencana liburan Anda baik sendiri maupun bersama keluarga.

1. Sendratari Ramayana

Setiap wisatawan asing yang datang ke Yogyakarta hampir pasti akan menyempatkan diri untuk melihat sendratari Ramayana, seni tari dan drama yang dipadukan menjadi satu pertunjukan indah tanpa berdialog dengan kisah Ramayana.

BACA JUGA:Mengenal Tari Serimpi, Tarian Khas Jawa Tengah dan Yogyakarta

Singkat cerita, berkisah tentang Sri Rama yang berusaha menyelamatkan istri tercintanya Dewi Shinta yang diculik Rahwana. Saking terkenalnya budaya asli Yogyakarta, sendratari Ramayana juga dipentaskan di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Laos, Kamboja, Singapura, Thailand, India, dan Sri Lanka.

Jika ingin menyaksikan pertunjukan ini, Anda bisa datang ke Teater Tri Murti Prambanan setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis. Anda dapat memesan pertunjukan di gedung ini pada tanggal-tanggal tertentu sepanjang tahun. Namun pada bulan-bulan tertentu juga dapat dilihat pada bangunan terbuka dengan latar belakang Candi Prambanan. Namun pertunjukan ini juga dilakukan oleh Pura Wisata dan Ndalem Pujokusuman.

2. Sekaten

Sekatena bisa dikatakan merupakan salah satu adat budaya Jogja yang sudah dipraktekkan selama bertahun-tahun. Mungkin karena Islam masuk ke Pulau Jawa, karena Sekatenan merupakan festival rakyat tahunan yang diadakan di Keraton Hadiningrat Ngayogyakarta untuk merayakan kelahiran Nabi Muhammad SAW pada tanggal 5 Rabiul Awal penanggalan Islam.

BACA JUGA:Kenali 5 Alat Musik Tiup yang Terkenal di Nusantara

Objek wisata tradisional Sekatenan yang paling terkenal adalah pasar malam. Anda bisa mengunjungi Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta.

Pasar malam ini berlangsung selama sebulan sebelum hari ke 5 Rabiul Awal. Puncak Sekatenan adalah Grebeg Maulud.

Dalam Grebeg Maulud terdapat arak-arakan yang membawa berbagai hasil pertanian di pundaknya. Puncaknya adalah perjuangan untuk menghasilkan tanah ini. Siapapun yang mampu memperoleh buah-buahan atau hasil pertanian lainnya diyakini membawa keberuntungan.

Sumber: