Apa Itu Taksi Terbang yang Mau Diuji Coba di IKN 2024? Cek di Sini!

Apa Itu Taksi Terbang yang Mau Diuji Coba di IKN 2024? Cek di Sini!

ilustrasi taxi terbang--freepik

SILAMPARITV.CO.IDIstilah taksi terbang muncul di Indonesia untuk mendefinisikan kendaraan jenis baru seperti drone listrik yang dapat melayang di udara sambil membawa penumpang.

Kendaraan tersebut diharapkan dapat diuji di ibu kota Indonesia mulai tahun depan.

Seperti yang dijelaskan oleh regulator penerbangan sipil AS, Federal Aviation Administration (FAA), kendaraan Taksi udara termasuk dalam istilah umum Advanced Air Mobility (AAM) . 

Selain taksi terbang atau AMM, kendaraan ini juga biasa dikenal dengan sebutan pesawat electric vertical takeoff and landing (eVTOL).

BACA JUGA:5 Mobil Terbang di Dunia, Salah Satunya Sudah Dipasarkan

Taksi terbang, AMM atau eVTOL sering digunakan secara terpisah namun pada dasarnya memiliki arti yang sama. 

Berbeda dengan kendaraan  terbang lainnya seperti helikopter atau pesawat terbang, taksi terbang cenderung berukuran lebih kecil, hanya menggunakan baterai, lepas landas dan mendarat secara vertikal, serta dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Taxi Ruffles saat ini sedang dalam pengembangan. Ada banyak model, seperti model tak berawak yang  digunakan untuk mengangkut barang hingga petugas pemadam kebakaran di lokasi terpencil.

Ada juga yang digunakan untuk mengangkut penumpang tanpa sopir karena pengemudi bisa mengendalikannya di darat. 

BACA JUGA:Inilah 10 Teknologi Terbaru Saat Ini yang Dikenal Canggih

Ada model lain yang dilengkapi perlengkapan jalan raya termasuk roda empat sehingga bisa langsung dikendarai setelah mendarat. Kendaraan ini disebut mobil terbang.

Taksi terbang = pesawat terbangKementerian Perhubungan pada tahun 2021  menjelaskan bahwa taksi terbang atau mobil terbang sama-sama merupakan pesawat terbang. Pesawat terbang mempunyai pengertian yang berbeda dengan pesawat udara.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan, pesawat udara adalah setiap mesin atau alat yang dapat terbang di atmosfer akibat reaksi udara angkat magnet, tetapi bukan karena reaksi udara. dari permukaan bumi yang digunakan untuk penerbangan.

Sedangkan pesawat terbang adalah jenis pesawat  yang lebih berat dari udara, mempunyai sayap tetap dan dapat terbang dengan tenaganya sendiri.

Sumber: