Mienya Pedas Gurih, Mengenal Makanan Khas Aceh

Mienya Pedas Gurih, Mengenal Makanan Khas Aceh

ilustrasi mie aceh--freepik

SILAMPARITV.CO.IDAceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di ujung barat Pulau Sumatera dan mempunyai kekayaan budaya yang sangat unik.

Salah satu aset budaya yang dibanggakan masyarakat Aceh adalah “Mie Aceh”. Makanan tradisional ini tidak hanya populer di kalangan penduduk setempat, namun juga menarik perhatian para pecinta kuliner di seluruh tanah air.

Dengan cita rasa yang khas dan unik, Mie Aceh juga ada perpaduan gurih pada masakan Aceh.

• Asal-Usul dan Sejarah Mie Aceh

BACA JUGA:Dimasak Menggunakan Cacing, Inilah 5 Makanan Populer yang Ada di Manca Negara

Mie Aceh mempunyai sejarah panjang terkait dengan pengaruh budaya dan perdagangan di wilayah Aceh.

Pada awalnya mie ini diberi nama 'Mie Kari' karena bahan utama pembuatannya adalah mie yang disajikan dengan kuah kari. Namun seiring berkembangnya zaman dan selera masyarakat, Mie Aceh menjadi makanan yang lebih serbaguna dan berbeda dari mie kari pada umumnya.

• Bahan Dan Proses Pembuatannya

Mie Aceh dibuat dengan bahan-bahan berkualitas tinggi khas Aceh itu sendiri. Bahan utamanya adalah mie kuning yang keras dan lembut.

BACA JUGA:Tambahkan Bahan-Bahan Ini, Jika Ingin Membuat Mie Instan Anda Menjadi Lebih Enak!

Daging sapi, ayam atau kerang biasanya menjadi pilihan protein dalam masakan ini. Selain itu, sayuran seperti kubis, wortel, dan kacang-kacangan sering ditambahkan sebagai suplemen makanan.

Proses pembuatan Mie Aceh dimulai dengan merebus mie hingga matang, tiriskan dan tambahkan air dingin agar tidak lengket.

Mie tersebut kemudian direbus kembali dengan bumbu pilihan seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, serai dan bumbu lainnya. Kuah mie ini kemudian ditambahkan ke dalam santan untuk memberikan cita rasa.

• Rasa Dari Mie Aceh

Sumber: