Ini Rahasia Menanam Pohon Pisang Kepok Cepat Berbuah

Ini Rahasia Menanam Pohon Pisang Kepok Cepat Berbuah

Rahasia Menanam Pohon Pisang Kepok Cepat Berbuah--

SILAMPARITV.CO.ID - Menikmati secangkir kopi panas ditemani dengan pisang goreng adalah perpaduan sempurna penyambut pagi atau saat sore. 

Wanginya pisang goreng hangat dinikmati sembari bercengkerama dengan keluarga atau pun teman di warung kopi merupakan cara sederhana menikmati hidup dengan menikmati hasil alam sekitar.

PELUANG USAHA PISANG KEPOK TANJUNG

Nama pisang Kepok Tanjung masih belum ramai diketahui masyarakat di Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar). Padahal, ada seorang petani asal Nagari Selayo, Kecamatan Kubung yang telah memproduksi pisang itu dan memasarkannya ke pulau Jawa.

BACA JUGA:Pastikan Stok Kebutuhan Pokok, pemkab Muba chek langsung ke Pasar Randik

Bahkan, petani bernama Firdaus (48thn) itu, mengaku kewalahan memenuhi permintaan pembelian bibit Pisang Kepok Tanjung dari berbagai wilayah. Paling tidak, setiap bulan bulan dia mampu menjual puluhan ribu bibit pisang berbuah banyak itu.

SEJARAH PISANG KEPOK TANJUNG

pada tahun 1986 berdasarkan data yang dihimpun dari Balai Penelitian Buah Tropika Aripan, Solok populasi pisang kepok di Selayo menurun drastis karena serangan penyakit layu bakteri dan penyakit layu fusarium.

Bahkan pada 1990 bisa dikatakan sekitar 90 persen pisang kepok di nagari itu sudah punah.

BACA JUGA:Bingung Anak Susah Makan? Berikut Rekomendasi Susu untuk Meningkatkan Nafsu Makan

CARA MENANAM PISANG KEPOK TANJUNG

1. Pemilihan Bibit Unggul

Sudah menjadi rahasia umum jika pemilihan bibit yang unggul menjadi salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan budidaya pisang kepok.

Pilihlah bibit pisang kepok dari hasil perkembangbiakan secara vegetatif yakni hasil tunas atau hasil kultur jaringan.

Sumber: