5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Ditinjau oleh Dermatovenereologist

5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Ditinjau oleh Dermatovenereologist

ilustrasi sunscreen untuk kulit berminyak--freepik

BACA JUGA:10 Tips Efektif Agar Tidak Mudah Ngantuk Saat Bekerja

Niacinamide selain dapat menenangkan kulit, juga dapat meningkatkan elastisitas kulit dengan merangsang produksi kolagen pada wajah. 

Sunscreen yang memiliki kandungan niacinamide efektif untuk memperbaiki skin barrier yang rusak. Flek hitam dan noda bekas jerawat pun juga bisa teratasi dengan mudah karena efek mencerahkan yang dihasilkan oleh niacinamide. 

- Allantoin

Salah satu bahan yang sering terdapat pada produk skincare untuk kulit berminyak yaitu Allantoin. Secara efektif, bahan ini dapat membantu mengurangi peradangan akibat jerawat dan mempercepat proses penyembuhan luka.

BACA JUGA:Inilah 8 Alasan Munculnya Uban di Usia Muda

Sehingga, ketika sedang mengalami beruntusan, pakailah sunscreen dengan bahan allantoin untuk membantu menghaluskan kulit wajah.

5. Gunakan physical sunscreen atau hybrid sunscreen, bila bermasalah dengan kulit sensitif

Physical sunscreen mengandung bahan aktif yang pekat serta memiliki nilai SPF yang tinggi. Bahan ini bekerja dengan membentuk lapisan di kulit yang dapat memantulkan sinar UV tanpa diserap oleh kulit.

Ketika tidak dibersihkan dengan baik, physical sunscreen dapat memicu terjadinya clogging. 

BACA JUGA:Mengenal 6 Penyebab Telinga Bau dan Cara Mengatasinya

Namun, physical sunscreen juga bisa digunakan saat kondisi jerawat sedang meradang.

Biasanya, jerawat meradang akan berhubungan dengan kulit yang sensitif terhadap bahan tertentu. Oleh karena itu, physical sunscreen yang tidak diserap kulit lebih cocok untuk kondisi kulit seperti ini. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak. Tetap jaga pola kesehatan seperti mengonsumsi air putih yang cukup, istirahat yang cukup, dan makan makanan yang bergizi.

Sumber: