5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Ditinjau oleh Dermatovenereologist

5 Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak, Ditinjau oleh Dermatovenereologist

ilustrasi sunscreen untuk kulit berminyak--freepik

SILAMPARITV.CO.IDUntuk merawat kulit wajah, memilih sunscreen yang tepat penting untuk dilakukan. 

Sunscreen termasuk produk yang bekerja dengan cara membentuk lapisan di permukaan kulit serta berfungsi untuk menyerap dan memantulkan cahaya UV. 

Sebagian orang, penggunaan sunscreen pada kulit berminyak akan menimbulkan efek greasy. 

Terdapat beberapa merek sunscreen yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak seperti SKINTIFIC, Azarine, COSRX, dan lainnya. 

BACA JUGA:11 Penyebab Telapak Kaki Terasa Panas dan Cara Mengobatinya

Agar produk yang dipilih tepat, berikut cara memilih dan beberapa rekomendasi sunscreen untuk kulit berminyak. Hal ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist, dr. Annisa Anjani, melansir dari laman my.best.com, Sabtu 24 Februari 2024.

1. Memilih sunscreen minimal SPF 30 PA++++

Fungsi dari sunscreen sendiri adalah untuk mencegah efek buruk dari sinar UV terhadap kulit.

Pastikan saat memilih sunscreen, tingkat perlindungan pada sunscreen disesuaikan dengan tempat, tingkat UV index, serta aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari. 

BACA JUGA:Bingung Anak Susah Makan? Berikut Rekomendasi Susu untuk Meningkatkan Nafsu Makan

Memilih sunscreen dengan kandungan minimal SPF 30 PA++++ cocok untuk iklim di Indonesia. Namun, ketika aktivitas yang dilakukan lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, dapat memilih sunscreen di atas SPF 30 PA++++.

Disarankan juga untuk lakukan re-apply setiap 2 jam sekali karena bisa saja sunscreen dapat terhapus oleh air, keringat, atau gesekan faktor eksternal lainnya.

2. Sunscreen dengan tekstur gel dan lotion

Untuk yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya memprioritaskan sunscreen dengan tekstur yang ringan seperti gel dan lotion.

Sumber: