Kuliner Kebanggaan Indonesia! Nasi Padang Khas Minangkabau

Kuliner Kebanggaan Indonesia! Nasi Padang Khas Minangkabau

ilustrasi nasi padang khas minangkabau--

SILAMPARITV.CO.IDNasi Padang adalah nasi putih yang disajikan dengan banyaknya lauk dan pauk khas Minangkabau. Kata Padang mengacu pada Padang, ibu kota provinsi Sumatera Barat.

Nasi Padang merupakan hidangan prasmanan lengkap dengan lauk dan pauk yang mencakup daging, ikan, sayuran, dan makanan pedas dengan nasi putih.

Nasi Padang merupakan ekspor yang paling terkenal dan masyarakat Minangkabau telah memberikan kontribusi yang besar terhadap masakan Indonesia

Karena kekhususan masing-masing daerah, istilah nasi Padang tidak digunakan di Sumatera Barat, dan kata tersebut mengacu pada nasi ramas, yang berasal dari bahasa Minang yang berarti nasi bungkus sedangkan istilah tersebut hanya digunakan di luar Sumatera Barat.

BACA JUGA:Wajib Coba! Legitnya Seruit, Kuliner Khas Lampung

Restoran Nasi Padang biasanya bercirikan bangunan bergaya Rumah Gadang dengan gaya fasad yang unik. 

Pajangan Nasi Padang biasanya berupa piring dan mangkok yang ditumpuk seperti ini, ditata dan diisi dengan masakan yang berbeda-beda. Restoran-restoran di Padang, khususnya yang berukuran kecil dan menengah, biasanya menggunakan nama Minang.

Nasi Padang yang disajikan di restoran Padang mudah ditemukan di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua. 

Restoran Nasi Padang juga telah menyebar ke negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Australia karena adanya kecenderungan penduduk Minangkabau yang melakukan migrasi (migrasi), sehingga turut menyebabkan menyebarnya perantau Minang ke luar kampung halamannya di Sumatera Barat. 

BACA JUGA:Wajib Coba! Legitnya Dawet Khas Ponorogo, Bikin Ketagihan

Menurut CNN Travel, nasi padang adalah salah satu dari 40 makanan yang orang Singapura tidak bisa hidup tanpanya.

Restoran Padang memiliki dua jenis metode pelayanan, yaitu pemesanan dan penyajian. Pemesanan adalah metode yang paling umum, biasanya satu atau dua pelanggan di mana pelanggan melihat ke seluruh etalase dan memilih bagian yang mereka inginkan. 

Untuk metode pelayanannya, pelanggan memesan langsung dari pelayan di aula sebelah etalase atau etalase, dan makanan segera disajikan. Hal ini biasanya dilakukan di restoran Padang skala kecil.

Restoran-restoran besar di Padang biasanya mempunyai layanan jamuan makan (service). Hidangan pesta paling cocok untuk makan bersama. Setelah pelanggan duduk, mereka tidak perlu lagi memesan. Para pelayan, dengan piring di tangan, segera menyajikan hidangan ke meja. 

Sumber: