Pada saat Kemoterapi Apakah Ada Cara Agar Rambut Tidak Rontok, Simak Ulasan Berikut Ini!

Pada saat Kemoterapi Apakah Ada Cara Agar Rambut Tidak Rontok, Simak Ulasan Berikut Ini!

Saat Kemoterapi apakah ada cara agar rambut tidak rontok--net

SILAMPARITV.CO.ID - Saat Kemoterapi apakah ada cara agar rambut tidak rontok. Setiap apapun itu pasti ada cara dan solusinya. 

Namun sebelum kita membahas hal itu, terlebih dahulu kita bahas apa itu Kemoterapi tersebut.

Kemoterapi adalah salah satu metode pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan khusus. 

Obat-obatan yang digunakan dalam terapi ini biasanya bersifat sangat kuat, sehingga kerap menimbulkan sejumlah efek samping, salah satunya adalah rambut rontok

BACA JUGA:BKKBN Gelar Acara Optimalisasi Pemanfaatan BOKB Operasional di Desa H. Wukirsari, Musi Rawas

Untuk mengetahui cara agar rambut tidak rontok saat kemoterapi selengkapnya, mari simak ulasan berikut ini hingga tuntas.

Sebagian pasien kanker mungkin akan mengalami kerontokan rambut selama menjalani perawatan kemoterapi. Sebetulnya, apa penyebab rambut rontok saat kemoterapi? 

Perlu diketahui bahwa kemoterapi biasanya menggunakan obat-obatan yang sangat kuat, sehingga dapat menimbulkan efek samping tertentu, termasuk rambut rontok.

Obat kemoterapi tidak mampu membedakan sel sehat dan sel kanker, sehingga sel-sel folikel rambut dapat ikut hancur dan menyebabkan kerontokan. 

BACA JUGA:7 Cara Melakukan Joging dengan Teknik yang Benar

Banyaknya jumlah rambut yang rontok dipengaruhi oleh tipe obat, dosis, rute pemberian obat, tingkat sensitivitas pasien terhadap obat kemoterapi, dan riwayat pengobatan kanker sebelumnya. 

Sebagai informasi, tidak ada cara khusus yang dapat dilakukan untuk mencegah rambut rontok, baik sebelum maupun setelah menjalani perawatan kemoterapi. 

Namun, apakah rambut rontok akibat kemoterapi bisa tumbuh kembali? 

Tidak perlu khawatir, kerontokan rambut akibat kemoterapi biasanya hanya bersifat sementara dan bisa tumbuh kembali dalam kurun waktu 3–6 bulan. 

Sumber: