Mengenal Tari Andun, Tari Adat Khas Bengkulu

Mengenal Tari Andun, Tari Adat Khas Bengkulu

Tari andun, adat provinsi Bengkulu--Gramedia

SILAMPARITV.CO.IDTari Andun merupakan tarian rakyat yang berasal dari Bengkulu. Pertunjukan dari tari Andun merupakan salah satu syarat yang wajib untuk melaksanakan upacara adat Nundang Padi.

Tari Andun dipentaskan di lapangan terbuka. 

Gerak tarinya berupa gerak pujian, gerak gemilang dan gerak tumpang tindih. Nilai-nilai yang disampaikan dalam Tari Andun adalah nilai-nilai kekompakan dan gotong royong dalam masyarakat untuk mencapai tujuan bersama. 

Penari Tari Andun Wanita mengenakan pakaian beludru berwarna merah, kain songket dan sunting law.

BACA JUGA:Menyelusuri Kearifan Budaya Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan

Penari pria memakai gelang kaki pendek, celana, jaket dan ikat kepala. Kipas dan selendang digunakan sebagai alat peraga tari. Tari Andun diiringi musik yang dihasilkan oleh kolintang dan rebana.

Tari Andun merupakan tarian rakyat Bengkulu yang ditampilkan pada acara pernikahan. Biasanya para bujangan dan gadis akan tampil bersama pada malam hari dan diiringi musik kolintang. 

Pada zaman dahulu, tarian ini biasanya digunakan untuk mencari pasangan setelah panen padi.

Dalam pementasannya, tari Andun banyak dibawakan oleh para pemuda dan pemudi secara berpasangan, ada juga kasus yang hanya menari oleh kaum perempuan, khususnya perempuan yang sudah menikah.

BACA JUGA:Mengenal Eksplorasi Budaya: Sejarah, Kesenian, Kuliner dan Tradisi Adat Sunda

Tari Andun biasanya dibawakan oleh pria dan wanita. Jumlah penari biasanya disesuaikan dengan kebutuhan. 

Siapapun bisa menari dalam upacara adat. Sementara itu, jumlah penari dalam produksi tari biasanya disesuaikan dengan kelompok tari yang menampilkannya.

Secara alami setiap orang dapat berpartisipasi dalam tarian ini, Tari Andun sengaja dibuat sederhana. Jadi pemula pun bisa berpartisipasi di dalamnya. 

Meski gerakannya sederhana, namun setiap gerakannya mempunyai makna tersendiri dalam tarian ini.

Sumber: