Catat Tanggalnya! Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Lebaran 2024

Catat Tanggalnya! Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Lebaran 2024

ilustrasi program mudik gratis jelang lebaran 2024--freepik

Selanjutnya untuk jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut adakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut”, dengan jumlah kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor di 3-17 April 2024.

Sementara untuk jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian menyelenggarakan program “Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api”. 

BACA JUGA:Kapan Awal Puasa Ramadhan 2024? Ini Jadwal Menurut Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

Tiket kereta api dapat diperoleh mulai 4 Maret-18 April 2024. Tersedia kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. Arus mudik yang melakukan pemberangkatan akan dilakukan pada 2-8 April 2024, sementara keberangkatan arus balik akan dilaksanakan pada 13-19 April 2024.  

Sebagaimana pada tahun sebelumnya, BUMN dan perusahaan swasta juga banyak yang mengadakan program mudik gratis.

Dengan begitu, diharapkan pada Lebaran 2024 ini, akan semakin banyak kementerian atau lembaga, BUMN, perusahaan-perusahaan swasta, serta pihak lainnya, yang ikut menyelenggarakan program mudik gratis supaya semakin banyak masyarakat yang memperoleh manfaat.

“Harapannya, tahun ini semakin banyak BUMN dan perusahaan swasta yang mengadakan mudik gratis. Jika program mudik gratis semakin banyak, kemungkinan jumlah penggunaan sepeda motor dapat ditekan sehingga memungkinkan kepadatan di jalan berkurang, dan angka kecelakaan turun," terangnya.

BACA JUGA:Musim Kemarau Sudah Menanti, Yuk Intip Jadwalnya dari BMKG

Sumber: