Mengenal Tari Cangget, Tarian Upacara Adat Lampung

Mengenal Tari Cangget, Tarian Upacara Adat Lampung

tari cangget khas lampung--kompas

SILAMPARITV.CO.IDTari Cangget merupakan tarian tradisional asli lampung yang menggambarkan watak, tingkah laku yang baik dan kedewasaan penari yang terampil.

Tari Cangget juga merupakan salah satu bentuk pertunjukan tari milik masyarakat adat Pepadun Lampung

Tari Cangget biasanya hadir dan menjadi bagian dari upacara adat atau begawis yang telah diselenggarakan untuk merayakan perayaan siklus kehidupan seperti acara pernikahan pada masyarakat Lampung Pepadun. 

Cangget secara sempit diartikan sebagai tarian yang dibawakan oleh perempuan, namun secara garis besar Cangget sendiri merupakan acara begawi. Begawi dan Cangget merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

BACA JUGA:Menelusuri Kearifan Lokal: Tarian Tradisional Jawa Tengah

Penari Cangget merupakan remaja yang tampil dengan pakaian adat Lampung pada acara-acara penting, seperti penyambutan tamu setempat pada perayaan adat.

Sejarah Tari Cangget

Tari Cangget merupakan bentuk kegembiraan atas kemenangan Betan Subing saat mengalahkan Raja Bajau.

Tarian ini merupakan tarian kuno yang sudah ada sejak pengaruh Hindu-Buddha masih kuat di wilayah lampung.

Pada mulanya tari Canggeti dipentaskan sebagai pertunjukan tradisional untuk menyambut panen dan mengantar masyarakat berangkat haji.

BACA JUGA:Mengenal Tari Gantar, Tari Pergaulan Khas Suku Dayak Benuaq

Belakangan, tari Cangget yang dikenal luas sebagai tari hiburan dipentaskan.

Pada saat masa awal pendudukan Jepang, saat itu tari Cangget sudah mulai berkembang mulai dari di sekitaran wilayah Lampung.

Saat itu, tari Canggeti tidak hanya dipentaskan pada upacara pernikahan, namun juga pada karnaval atau pertunjukan budaya.

Sumber: