Inilah 10 Kebiasaan yang Dapat Mengakibatkan Baterai Smartphone Menjadi Boros

Inilah 10 Kebiasaan yang Dapat Mengakibatkan Baterai Smartphone Menjadi Boros

ilustrasi baterai smartphone boros--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPengguna sering kali menghadapi situasi baterai ponsel cerdas yang cepat habis. Hal ini tentu mengganggu karena mengurangi produktivitas dalam penggunaan sehari-hari. 

Salah satu penyebab baterai boros adalah karena berkurangnya kinerja baterai yang sudah ketinggalan zaman atau karena beberapa perangkat keras yang rusak.

Namun baterai yang terkuras tidak hanya disebabkan oleh kerusakan hardware saja, melainkan juga bisa disebabkan oleh kebiasaan tertentu yang secara tidak sengaja mempengaruhi kinerja baterai ponsel. 

Lalu kebiasaan apa saja yang boros baterai smartphone? KompasTekno menjelaskannya secara detail di bawah ini.

BACA JUGA:Menggoda Adrenalin: Hobi Memodifikasi Mobil Sport

1. Menerapkan kecerahan layar yang terlalu terang

Untuk menampilkan gambar dengan kecerahan tinggi, GPU (Graphics Processing Unit) harus bekerja lebih keras. Proses ini membutuhkan lebih banyak daya, yang dapat menyebabkan peningkatan konsumsi baterai. 

2. Terlalu mengandalkan penggunaan data Internet Dalam beberapa kasus, menggunakan paket data Internet seluler dapat menghabiskan baterai lebih cepat dibandingkan menggunakan Wi-Fi. 

Ini karena ponsel kamu  akan terus-menerus mencari dan beralih antar menara ponsel untuk menyediakan koneksi yang baik. Saat Anda tersambung ke jaringan Wi-Fi yang kuat, ponsel kamu menggunakan lebih sedikit daya untuk mencari sambungan, sehingga dapat memperpanjang masa pakai baterai kamu.

BACA JUGA:Masa Depan Transportasi: Kendaraan Otonom Tahun 2024

 Namun sebaliknya, jika jaringan Wi-Fi yang kamu gunakan lemah, sebaiknya selalu utamakan penggunaan data seluler kamu. Caranya, sebaiknya utamakan koneksi terkuat agar baterai bisa bertahan lebih lama.

3. Biarkan fungsi Bluetooth tetap aktif meskipun tidak digunakan. 

Jaringan Bluetooth sering digunakan untuk menghubungkan perangkat secara nirkabel. Misalnya setelah menggunakan True Wireless Stereo (TWS) Anda lupa mematikan Bluetooth, kebiasaan ini menyebabkan baterai cepat terkuras karena Bluetooth menghabiskan daya.

4. Membiarkan Wi-Fi menyala

Sumber: