Jangan Salah Pilih! Inilah Bedanya Face Wash dan Fase Scrub

Jangan Salah Pilih! Inilah Bedanya Face Wash dan Fase Scrub

ilustrasi cuci wajah yang baik dan benar--freepik

• Pijat wajah dengan lembut dan perlahan selama sekitar 30 detik .

• Cuci wajah hingga bersih, lalu tepuk-tepuk hingga kering.

• Lanjutkan rutinitas perawatan kulit wajah lainnya, yang terpenting Jangan lupa gunakan pelembap pada wajah.

BACA JUGA:Sehat Tanpa Obat, Ini dia 5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Apa perbedaan antara toner dan scrub wajah?

Perbedaan pertama antara toner dan scrub wajah adalah cara kerjanya. Seperti yang sudah dijelaskan, face wash berfungsi sebagai pembersih wajah dari debu dan kotoran lainnya. Produk ini biasanya digunakan dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari atau setelah keluar rumah.

Sedangkan sebagai facial scrub, scrub wajah membersihkan dan membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga membuat wajah tampak segar, lebih cerah, jernih, dan halus. 

Scrub wajah juga bisa membersihkan pori-pori lebih dalam. Berbeda dengan sabun muka, face scrub biasanya digunakan 1-2 kali dalam seminggu.

BACA JUGA:Berikut 7 Cara Membersihkan Wajah dengan Benar yang Perlu Anda Ketahui!

Perbedaan krim wajah dan face scrub juga terlihat pada komposisi kedua produk ini. Toner wajah biasanya bertekstur lembut dan ramah kulit. Sedangkan scrub wajah dilengkapi dengan butiran kecil yang membantu pengelupasan sel kulit. 

Butiran kecil ini biasanya berasal dari ekstrak buah, biji atau kacang. Bagi orang yang memiliki kulit wajah sensitif, tekstur butiran kecil tersebut dapat menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan sabun cuci muka setiap hari.

Haruskah menggunakan sabun cuci muka, atau keduanya?

Mencuci dan menggosok memiliki manfaat yang berbeda, jadi sebaiknya gunakan keduanya. Pastikan memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga bisa menggunakan kedua produk ini sesuai petunjuk pada kemasan.

BACA JUGA:Berikut 6 Penyebab Jerawat Gatal dan Cara Mengobatinya

Memilih toner dan scrub wajah yang tepat

Sumber: