Apakah Anda Lelah dan Stres Karena Pekerjaan? Berkut 5 Faktor Risikonya!

Apakah Anda Lelah dan Stres Karena Pekerjaan? Berkut 5 Faktor Risikonya!

ilustrasi lelah bekerja--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPernahkah Anda merasa lelah di tempat kerja dan stres secara fisik dan mental karena menyelesaikan tugas yang sepertinya tidak ada habisnya? Hati-hati, Anda mungkin mengalami "burnout"!

Burnout adalah gejala yang menunjukkan tingkat stres yang tinggi dan biasanya berhubungan dengan pekerjaan. WHO sendiri mendefinisikan kelelahan sebagai kondisi stres kronis.

Kondisi ini sering dialami oleh orang-orang yang mengalami stres tinggi di tempat kerja dan memiliki beberapa faktor risiko antara lain:

1. Jam Kerja Tidak Wajar

Bekerja lebih lama dari biasanya dapat menyebabkan kelelahan atau kelelahan. Pekerja yang berisiko mengalami kelelahan termasuk petugas pemadam kebakaran, paramedis, dan guru.

BACA JUGA:Apa Itu Insecure ? Berikut Penyebab, Akibat dan Cara Mengatasinya

2. Kurangnya komunikasi yang baik dan dukungan dari atasan

Faktor komunikasi dan dukungan dari atasan dan rekan kerja berpengaruh signifikan terhadap burnout karyawan. Terbukti 70% karyawan merasa risiko burnout dapat dikurangi dengan komunikasi dua arah dan dukungan yang diberikan kepada mereka.

3. Ketidakjelasan perintah kerja yang berlaku

Hanya 60% karyawan yang mengetahui apa yang diharapkan dari mereka, ketika mereka mempunyai ekspektasi terhadap tujuan, karyawan terkadang bosan untuk langsung membayangkan apa yang harus mereka lakukan.

BACA JUGA:Pelajari Tentang Serangan Panik, Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

4. Manajemen kerja yang buruk

Jika pekerjaan tidak dikelola dengan baik, bahkan karyawan yang optimis pun dapat menjadi lelah bekerja dan kehilangan harapan. Merasa kewalahan atau lelah dapat menyebabkan kelelahan.

5. Perlakuan tidak adil

Sumber: