15 Maret 2024 Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

15 Maret 2024 Memperingati Hari Apa? Cek di Sini!

ilustrasi kalender 15 maret--

BACA JUGA:Kok Bisa Roti Asal Thailand Ini Disita Oleh Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta? Ini Alasannya!

Pada tanggal 15 maret setiap tahunnya akan diperingati sebagai Hari Konsumen Sedunia atau yang dikenal dengan World Consumer Rights Day. Pada hari tersebut diperingati sebagai momentum untuk melindungi hak-hak konsumen di pasar. 

Peringatan ini ditetapkan oleh organisasi yang fokus pada konsumen bernama Consumers International. 

Hari ini dilatarbelakangi oleh pidato Presiden AS John F. Kennedy yang mengemukakan masalah hak-hak konsumen pada 15 Maret 1962.  

Berdasarkan situs resmi Consumers International, tahun 2024 ini mengambil tema "AI yang Adil dan Bertanggung Jawab bagi Konsumen".

BACA JUGA:Apakah Sahur Boleh Sampai Adzan Subuh? Berikut Kata Ustadz Adi Hidayat

- Hari Memerangi Islamofobia 

Selain Hari Tidur Sedunia dan Hak Konsumen, pada tanggal 15 Maret dunia juga merayakan Hari Memerangi Islamofobia. 

Hari Memerangi Islamofobia ini ditetapkan oleh PBB setiap tanggal 15 Maret. Latarbelakang dari perayaan hari Memerangi Islamofobia adalah adanya kejadian tahun 2019 di Christchurch, Selandia Baru yang mana seorang penembak melepaskan tembakan di dalam dua masjid hingga menewaskan 51 orang dan melukai 40 orang lainnya. 

Melansir situs resmi PBB, Kamis 14 Maret 2024 Islamofobia merupakan sebuah ketakutan, prasangka dan kebencian terhadap umat Islam yang berujung pada provokasi, permusuhan dan intoleransi melalui ancaman, pelecehan, penghasutan dan intimidasi kepada umat Islam dan non-Muslim, baik di dunia virtual maupun non virtual. Terkait adanya Hari Memerangi Islamofobia ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran bahwa terorisme bukan identik terhadap Islam.

BACA JUGA:Hasil Rekapitulasi di Sahkan KPU Tanpa Tanda Tangan Saksi

Sumber: