Apakah Benar Ikan Botia Dapat Menghasilkan Milyaran Rupiah untuk Indonesia? Cek di Sini!

Apakah Benar Ikan Botia Dapat Menghasilkan Milyaran Rupiah untuk Indonesia? Cek di Sini!

IKAN BOTIA (CHROMOBOTIA MACHRA--

BACA JUGA:Cara Budidaya Lobster Air Tawar

Sebagai negara tempat asalnya ikan botia Indonesia jelas memiliki bebagai keuntungan ketimbang asal Eropa. Karena disini cuaca dan iklimnya sengat menguntungkan buat budidaya ikan botia.

Maka dari itu, laju ekspor ikan botia asal Indonesia memang sulit dibendung sehingga Indonesia mendapat gelar sebagai produsern botia terbesar di dunia dengan nilai ekspor mencapai miliaran rupiah.

Tak hanya cuma di kaliamantan dan Sumatera Selatan ternyata banyak juga petani ikan botia yang sukses membudidayakan ikan ini yang asalnya dari p[ulau Jawa.

Namun, ada yang membudidayakannya di dlama kolam besar, ada yang memakai metode kawin suntik.

BACA JUGA:Cara Budidaya Ikan Nila, Dapat di Jadikan Peluang Bisnis yang Menghasilkan

Seimbangnya stok ikan botia hasil budidaya dengan ada yang dialam membuat cara ini bisa di contoh. Karena penjualan ikan ini sebagai ikan hias gak menganggu populasi mereka dialam.

ini adalah cara yang tepat tetap menjaga konservasi sembari memanfaatkan potensi komersialnya.

Bahkan, ada kelompok budiaya asal Depok yang sukses membudidayakan ikan botia ini. Karena mudah dipelihara, maka terget produksi masal juga dapat di peroleh.

Hal inilah yang sulit dilakukan pada ikan chana walaupun sudah banyak di budidaya, namun belum bisa menghasilkan sebanyak itu jumlahnya. 

BACA JUGA:Cara Budidaya Ikan Tawes di Kolam Terpal, Mudah dan Menjanjikan Peluang Bisnis Menghasilkan

botia memang mendominasi kuota ekspor hampir diseluruh tempat asalnya, sekedar informasi Botia hidup di pulau Sumatera dan Kalimantan.

Sedangkan di Palangkaraya kenyataannya gak berbeda jauh dikutip dari KPIM Palangkaraya, mereka sukses mengekspor sekitar 240 ribu ekor ikan botia hanya ke Singapura.

Pemanfaatan potensi ikan botia sebagai ikan hias asli Indonesia memang membanggakan, karena selain membuat dunia mengenal ikan asal Indonesia, cuannya buat negara juga besar. *

Sumber: