Apakah Benar Ikan Botia Dapat Menghasilkan Milyaran Rupiah untuk Indonesia? Cek di Sini!

Apakah Benar Ikan Botia Dapat Menghasilkan Milyaran Rupiah untuk Indonesia? Cek di Sini!

IKAN BOTIA (CHROMOBOTIA MACHRA--

SILAMPARITV.CO.IDSalah satu ikan yang paling laris di pasaran dunia asal Indonesia adalah ikan botia.

Ikan lucu ini selalu jadi komoditas ekspor yang penting buat indonesia karana peminatnya banyak bagaimana ikan botia asal Indonesia bisa bernialai tinggi.

Eskpor ikan asal Indonesia mengalami peningkatan signifikan pada tahun 2017-2021 karena melihat potensi yang bagus pemerinta akhirnya membuka matanya dan menganggap ikan industri sebagai industri yang sangat menjanjikan.

Direktur Jendral Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti mengatakan  pendapatan Indonesia dari ekspor ikan hias naik jauh dari tadinya 27 juta dollar AS menjadi 34,5 juta dollar AS di 2021.

BACA JUGA:Apakah Kalian Pernah Mendengar Teknik Pemijahan Buatan Ikan Botia ? Nah, Buruan Cek Disini

peningkatan angka ekspor ikan juga terjadi dalam triwulan pertama di 2022 dengan penghasilan mencapai lebih dari 8 juta dollar AS yang mendomisili penjualan adalah ikan hias air tawar. Jenis ikan yang paling diminati selain arwana super red dan ikan botia.

Ikan Botia (Chromobotia macrachantus) menjadi komoditas yang di minati oleh dunisa setiap tahunnya ikan botia asal Indonesia di ekspor keluar Negeri dengan jumlah yang sangat banyak.

Botia dikenal duunia sebagai clown loach ikan yang bewarna hitam orange ini memang sangat lucu dengan memiliki bentuk badannya membuat semua orang melihatnya akan gemes.

Selain, bentuknya yang lucu ikan ini memiliki kelakuan yang agak sedikit aneh soalnya mereka bisa juga rebahan.

BACA JUGA:Mengenal Ikan Botia Asli dari Perairan Sumatera dan Kalimantan

Dengan banyaknya ikan botia yang dikirim ke luar negeri dan kebanyakan ikan yang dikirim tersebut adalah hasil dari budidaya. jadi di alamnya, ikan ini masih hidup dengan sangat sejahtera.

Menurut IUCN, status populasi ikan tersebut di alamnya masih dalam taref'Least Concern' atau masih banyak dan aman.

Pada ekspor ikan di tahun 2018 87% ikan hias yang dikirim ke luar negeri yakni dari perairan Sumatera Selatan adalah ikan botia jumlahnya bisa mencapai 596 ribu ekor.

Indonesia diakui dunia sebagai produser untama ikan botia soal nya produksi masal atau mass product cuma bisa dilakuin disini dan beberapa negara di Eropa.

Sumber: