Tidak Usah Khawatir, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Puasa

Tidak Usah Khawatir, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Puasa

ilustrasi menjaga kesehatan mulut--freepik

BACA JUGA:Diet Sehat Untuk Menjaga Tubuh Tetap Sehat Dan Langsing

Indira mengungkapkan bahwa kesehatan mulut saat berpuasa dapat ditingkatkan dengan membersihkan rongga mulut dengan baik selepas sahur, tidak hanya dengan sikat gigi, namun juga benang gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

- Mengonsumsi buah dan sayuran 

Tips selanjutnya yakni dengan mengonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung air dan vitamin seperti semangka, apel, dan pir.

Jangan lupa juga untuk konsumsi sayuran yang mengandung serat, seperti wortel, mentimun, dan brokoli, yang berfungsi untuk membersihkan plak dan iritan di dalam mulut. 

BACA JUGA:Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa: Kunci Utama bagi Kesehatan Imun Tubuh

- Mengonsumsi produk susu 

Selain banyak minum air putih, susu dan produk turunannya mempunyai kandungan berupa vitamin D yang dapat menguatkan gigi.

"Selanjutnya juga konsumsi produk susu yang termasuk sumber kalsium yang baik untuk gigi dan tulang," jelas Indira.

Menurut Indira terkait konsumsi vitamin dan suplemen tambahan, hal tersebut tidak terlalu diperlukan untuk menjaga kesehatan mulut selama puasa. 

BACA JUGA:12 Manfaat yang Terkandung di Dalam Buah Alpukat

Pasalnya, ada berbagai makanan sehat seperti buah-buahan dan sayur-sayuran secara alami memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan rongga mulut. 

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan mulut selama bulan puasa yang bisa dicoba.

Apabila kamu mengalami gangguan kesehatan, seperti sariawan, gigi berlubang, atau gusi berdarah yang dapat mengganggu kelancaran berpuasa, konsultasikan ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Sumber: