Bank Indonesia Siap Hadirkan Kesejahteraan: Ketersediaan Uang Rupiah Untuk Ramadan dan Lebaran di Palembang

Bank Indonesia Siap Hadirkan Kesejahteraan: Ketersediaan Uang Rupiah Untuk Ramadan dan Lebaran di Palembang

Foto Bank Indonesia (BI) Cabang Palembang--

SILAMPARITV.CO.ID - Palembang - Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sumsel, Ricky P Gozali, yang menegaskan bahwa salah satu tugas utama Bank Indonesia adalah memastikan ketersediaan uang Rupiah yang cukup dan likuiditas yang baik, serta dalam kondisi yang layak edar.

Menurut Ricky P Gozali, permintaan akan uang Rupiah cenderung meningkat menjelang bulan Ramadan dan Idul Fitri, terutama dalam berbagai pecahan mulai dari yang besar hingga yang kecil. "Ramadan dan Lebaran menjadi momen penting bagi masyarakat untuk melakukan sedekah, oleh karena itu Bank Indonesia memastikan ketersediaan uang kartal ini untuk memenuhi tradisi masyarakat," ujarnya pada hari Selasa, 26 Maret 2024.

BACA JUGA:Simak Rahasianya! Ini Dia Trik Jitu Agar Tidak Mudah Haus Saat Puasa

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Bank Indonesia telah menyiapkan uang kartal sebesar Rp 5,3 triliun untuk tahun ini, meningkat sebesar 12 persen dibandingkan dengan jumlah yang disiapkan pada tahun sebelumnya, yaitu sebesar Rp 4,7 triliun.

Ricky P Gozali juga menegaskan bahwa persiapan ini merupakan bagian dari tanggung jawab Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan negara, serta mendukung kelancaran aktivitas ekonomi masyarakat selama bulan Ramadan dan Idul Fitri. "Ketersediaan uang yang cukup diharapkan dapat membantu memperlancar transaksi ekonomi masyarakat, terutama dalam pelaksanaan kegiatan berbagi dan sedekah selama bulan suci Ramadan dan perayaan Idul Fitri," tambahnya.

BACA JUGA:Rahasia Tersembunyi: Gunakan Model Baju Ini Jika Anda Ingin Terlihat Lebih Langsing

Selain itu, Bank Indonesia juga terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, termasuk perbankan dan lembaga keuangan lainnya, untuk memastikan kelancaran distribusi uang Rupiah ke seluruh wilayah di Sumatera Selatan. Langkah-langkah ini diharapkan dapat mengurangi potensi terjadinya kelangkaan uang dan memastikan bahwa masyarakat dapat dengan mudah mengakses uang yang mereka butuhkan.

BACA JUGA:Tak Hanya Bikin Sejuk dan Rindang, Menanam Pohon di Rumah Tenyata Bisa Datangkan Pahala

Bank Indonesia juga memastikan bahwa semua proses distribusi uang Rupiah dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat, guna mengurangi risiko penyebaran virus. Ricky P Gozali menekankan pentingnya keselamatan dan kesehatan masyarakat dalam setiap langkah yang diambil oleh Bank Indonesia.

BACA JUGA:Keren! Penjualan Mangan Frieren: Beyond Journey's End Naik 2 Kali Lipat

Dengan kesiapan ini, Bank Indonesia berharap dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung aktivitas ekonomi masyarakat Palembang dan sekitarnya selama bulan Ramadan dan perayaan Idul Fitri. "Kami akan terus memantau perkembangan situasi dan siap untuk mengambil langkah-langkah tambahan yang diperlukan guna menjaga stabilitas ekonomi dan keuangan di wilayah Sumsel," pungkas Ricky P Gozali.

Sumber: