Tak Hanya Bikin Sejuk dan Rindang, Menanam Pohon di Rumah Tenyata Bisa Datangkan Pahala

Tak Hanya Bikin Sejuk dan Rindang, Menanam Pohon di Rumah Tenyata Bisa Datangkan Pahala

ilustrasi menanam pohon--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMenanam pohon di rumah, selain dapat membuat suasana halaman rumah menjadi seju dan rindang, juga bisa datangkan pahala.

Dalam ajaran islam, menanam pohon merupakan suatu kegiatan yang mulia.

Karena tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri saja, tetapi juga banyak makhluk hidup di sekitar yang juga bisa merasakan manfaatnya.

Misalnya, mereka menyediakan makanan serta tempat berlindung bagi hewan-hewan kecil dan membantu melawan perubahan iklim.

BACA JUGA:Keren! Penjualan Mangan Frieren: Beyond Journey's End Naik 2 Kali Lipat

Anas ra meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda: "Seorang muslim tidaklah menanam sebatang pohon atau menabur benih ke tanah, lalu datang burung atau manusia atau binatang memakan sebagian daripadanya, melainkan sesuatu yang dimakan itu merupakan sedekahnya." (HR Buhari).

Kemudian, Islam juga mengajarkan kita untuk melestarikan alam yang ada di bumi ini.

Dikutip dari buku hadits-hadits Tarbawi oleh M.Ainur Rasyid, bahwa di Al-Qur'an telah dijelaskan melalui banyaknya ayat perihal penting untuk memperhatikan lingkungan.

Salah satunya termaktub dalam surat Al A'raf ayat 56:

BACA JUGA:Ini Dia 10 Rekomendasi Baju Koko Terbaru 2024 untuk Style di Hari Raya

وَلَا تُفْسِدُوا۟ فِى ٱلْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَٰحِهَا وَٱدْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا ۚ إِنَّ رَحْمَتَ ٱللَّهِ قَرِيبٌ مِّنَ ٱلْمُحْسِنِينَ

Arab-Latin: Wa lā tufsidụ fil-arḍi ba'da iṣlāḥihā wad'ụhu khaufaw wa ṭama'ā, inna raḥmatallāhi qarībum minal-muḥsinīn

Artinya: Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.

Menanam pohon ternyata setara dengan sedekah jariyah. Sebagaimana yang sudah disampaikan menurut hadits, menanam pohon juga bisa memberikan pahala setara dengan sedekah jariyah.

Sumber: