Waspada Cuaca 21 April 2024, Berikut Prediksi dari BMKG!

Waspada Cuaca 21 April 2024, Berikut Prediksi dari BMKG!

Ilustrasi cuaca ekstrem--freepik

SILAMPARITV.CO.IDWaspada cuaca hingga 21 April 2024, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi terkait kondisi cuaca selama sepekan ke depan. 

Disampaikan oleh BMKG adanya peningkatan curah hujan dengan intensitas yang bervariasi.

BMKG menerangkan kondisi ini disebabkan oleh adanya aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial, gelombang atmosfer Kelvin, dan labilitas atmosfer skala lokal. Wilayah mana saja yang terdampak? Berikut informasinya.

Pada tanggal 16-21 April 2024, potensi Cuaca Ekstrem yang terjadi di Indonesia:

Berdasarkan keterangan resmi dari laman BMKG, diprediksi akan ada peningkatan curah hujan dengan intensitas bervariasi pada 16-21 April 2024. 

BACA JUGA:Kementerian Agama Mengeluarkan Surat Edaran Meminta Dukungan Penghulu dan Penyuluh Agama untuk 4 Program Prior

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan kondisi ini dipicu dengan aktifnya beberapa fenomena dinamika atmosfer, seperti aktivitas Rossby Ekuatorial, gelombang atmosfer Kelvin, gelombang atmosfer dan labilitas atmosfer skala lokal.

"Kombinasi dari pengaruh fenomena-fenomena tersebut diprediksi akan menimbulkan potensi hujan dengan intensitas SEDANG-LEBAT yang disertai kilat hingga petir dan angin kencang dengan dampak yang dapat ditimbulkannya seperti banjir, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, jalan licin hingga tanah longsor. Kondisi ini berlangsung di sebagian wilayah Indonesia hingga 21 April 2024terang  Guswanto, dikutip dari situs BMKG, Rabu 17 April 2024.

Beberapa Wilayah Indonesia yang berpotensi Hujan dengan intensitas sedang-lebat:

Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani menambahkan bahwa potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat hingga petir dan angin kencang pada periode 16 - 21 April 2024 dapat terjadi di sejumlah wilayah sebagai berikut.

Sebagian besar terutama bagian pesisir Sumatera 

BACA JUGA:Prakiraan BMKG Cuaca Sumsel Malam Ini, Selasa 16 April 2024: Palembang dan Indralaya

Jawa Tengah

Jawa Timur

Sumber: