Lirik dan Not Lagu Ibu Kita Kartini Serta Sejarah DIbalik Terciptanya Lagu Ibu Kita Kartini

Lirik dan Not Lagu Ibu Kita Kartini Serta Sejarah DIbalik Terciptanya Lagu Ibu Kita Kartini

--

SILAMPARITV.CO.IDLagu Ibu Kita Kartini, yang diciptakan oleh W.R. Supratman pada tahun 1929, adalah sebuah karya yang mencerminkan semangat perjuangan Raden Ajeng Kartini, seorang pahlawan nasional Indonesia yang terkenal karena perjuangannya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan pendidikan bagi kaum wanita.

Inspirasi untuk menciptakan lagu ini datang dari Kongres Wanita Indonesia I yang diadakan di Yogyakarta pada 22-25 Desember 1928, di mana Kartini menjadi pusat perhatian.

Salah satu hal yang menarik perhatian dalam kongres tersebut adalah tulisan-tulisan Kartini yang dianggap memperhatikan kaum wanita dan nasionalisme Indonesia, terutama tulisannya yang dimuat dalam buku "Door Duistenis tot Licht" oleh J.H. Abendanon.

Buku tersebut pertama kali diterbitkan dalam bahasa Belanda pada tahun 1911, dan baru pada tahun 1912 diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu dengan judul "Habis Gelap Terbitlah Terang: Boeah Pikiran."

BACA JUGA:Jarang Diketahui Banyak Orang, Ternyata Ini Manfaat Garam yang Dicampurkan saat Mengepel Lantai

Lirik dan Not Angka Lagu Ibu Kita Kartini

Berikut adalah lirik dan not angka lagu Ibu Kita Kartini, seperti dikutip dari buku Kumpulan Lagu Nasional: Persembahan untuk Indonesiaku oleh Tim Puspa Swara.

1 2 3 4 5 3 1 6 1 7 6 5

Ibu Kita Kartini Putri Sejati

4 6 5 4 3 1 2 4 3 2 1

Putri Indonesia Harum Namanya

BACA JUGA:Mengungkap Ancaman Merkuri, Bahaya Tersembunyi di Balik Kehidupan Modern

1 2 3 4 5 3 1 6 1 7 6 5

Ibu Kita Kartini Pendekar Bangsa

Sumber: