Pentingnya Menjaga Kesehatan Imun Tubuh di Musim Panas

Pentingnya Menjaga Kesehatan Imun Tubuh di Musim Panas

Musim panas sering kali dikaitkan dengan liburan, cuaca yang hangat, dan kegiatan di luar ruangan. Namun, tidak jarang kita lupa bahwa menjaga kesehatan tubuh, --freepik

SILAMPARITV.CO.IDMusim panas sering kali dikaitkan dengan liburan, cuaca yang hangat, dan kegiatan di luar ruangan. Namun, tidak jarang kita lupa bahwa menjaga kesehatan tubuh, termasuk sistem kekebalan, tetap penting, bahkan saat cuaca sedang cerah.

Bahkan, ada beberapa faktor khusus di musim panas yang dapat memengaruhi imunitas kita. Mari kita bahas mengapa menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap prima di musim panas begitu penting.

1. Perubahan Cuaca

Musim panas sering kali disertai dengan fluktuasi suhu yang ekstrem, terutama di beberapa daerah. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, yang pada gilirannya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum dan Setelah Facial untuk Para Wanita

Selain itu, perubahan suhu yang drastis dari lingkungan yang dingin ke yang panas dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

2. Aktivitas di Luar Ruangan

Musim panas mengundang untuk berbagai aktivitas di luar ruangan, seperti berenang, hiking, atau piknik. Namun, paparan terhadap sinar matahari secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terbakar matahari dan kelelahan panas.

Keduanya dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit.

BACA JUGA:Tips Awet Muda dari Dokter: Alternatif Sehat tanpa Operasi Plastik

3. Polusi Udara

Musim panas sering kali diidentikkan dengan peningkatan polusi udara, terutama di kota-kota besar. Paparan terhadap polusi udara dapat menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan dan memengaruhi kualitas udara yang kita hirup. Hal ini dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih rentan terhadap infeksi pernapasan.

4. Konsumsi Makanan dan Minuman

Cuaca panas dapat mengubah kebiasaan makan dan minum kita. Kekurangan cairan dan asupan makanan yang tidak seimbang dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, konsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi seperti buah-buahan, sayuran, dan protein dapat membantu mempertahankan kesehatan imun tubuh.

Sumber: