Pe Milu: Maskot Baru Pilkada Lubuklinggau 2024 yang Menginspirasi

Selasa 11-06-2024,14:30 WIB
Reporter : Aan Afriandi
Editor : Ayu Fitriani

SILAMPARITV.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lubuklinggau secara resmi memperkenalkan Pe Milu sebagai maskot untuk Pilkada Lubuklinggau 2024. 

Maskot ini tidak hanya menjadi simbol kebersamaan dalam proses demokrasi, tetapi juga merangkul nilai-nilai lokal yang kaya akan budaya.

Filosofi dan Makna Pe Milu menggambarkan seorang wanita muslimah yang mengenakan kostum durian, buah yang melambangkan kekayaan alam Lubuklinggau. Menurut KPU Lubuklinggau, "pe'" berasal dari kata "kopek," sebuah panggilan khas untuk kakak perempuan dalam bahasa daerah setempat. Sedangkan "milu" memiliki makna untuk mengajak semua warga, terutama yang memiliki hak pilih, untuk aktif dalam proses demokrasi, yang diadakan setiap lima tahun sekali.

BACA JUGA:KPU Lubuklinggau Mulai Persiapkan Pilkada 2024 dengan Rekrutmen Petugas Pemutakhiran Pemilih

"Maskot ini sudah kami luncurkan serentak dengan peluncuran Pilkada Lubuklinggau di depan kantor KPU," ungkap Divisi Sosdikluh, Parmas dan SDM KPU Lubuklinggau, Andri Affandi kepada SILAMPARITV.Disway.id, Selasa (11/6/2024).

Ia juga menjelaskan, maskot itu memang menggambarkan seorang wanita muslimah yang menggunakan kostum durian. 

Seperti diketahui, durian merupakan buah yang banyak tumbuh di Lubuklinggau. Pada maskot ini, ia juga mengenakan baju adat motif durian yang merupakan produk unik ari Lubuklinggau.

"Jadi maskot ini bermakna seorang kakak perempuan yang mengajak warga Kota Lubuklinggau untuk mencoblos dalam Pilkada 2024 nanti. Baju batik motif durian lebih khas karena mengangkat kearifan buah lokal yang ada di Kota Lubuklinggau. Sehingga kami yakini ini bisa membantu menyemarakkan pilkada nanti," jelasnya.

BACA JUGA:Xiaomi Mix Fold 4 Akan Dirilis Global, Siap Tantang Galaxy Z Fold 6

Dalam mensosialisasikan pemilu, maskot ini juga digambarkan sedang memegang paku di tangan kanan dan kertas di tangan kiri. Itu memperlihatkan ajakan untuk mencoblos saat gelaran Pilkada 2024 nanti.

"Maskot ini berasal dari sayembara desain maskot yang sudah kami lakukan sejak awal. Ada 21 peserta yang mengirim gambar atau desain maskot. Setelah dinilai, maskot Pe Milu ini menjadi juaranya oleh tim juri," pungkasnya.

Kategori :