Melakukan 7 Kebiasaan Ini Membuatmu Nampak Awet Muda

Rabu 04-09-2024,18:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani


ilustrasi wajah glowing--freepik

Cara makan sehat ini bukan sekedar teori, namun terbukti memberikan dampak nyata bagi kesehatan dan kesejahteraan mereka. Terkait nutrisi, mereka menunjukkan bahwa usia bukanlah penghalang untuk tetap bugar dan kuat.

3.Tidur berkualitas, kunci kesehatan optimal

BACA JUGA:5 Buah Tinggi Serat yang Bisa Dikonsumsi Saat Sembelit, BAB Kembali Lancar

BACA JUGA:4 Tips Cegah Penyakit Flu dan Batuk di Musim Kemarau

Istirahat yang cukup merupakan salah satu rahasia lansia untuk menjaga energi dan vitalitas. Mereka tahu bahwa tidur bukan sekadar ritual sehari-hari, melainkan proses penting untuk penyembuhan tubuh dan meningkatkan berbagai fungsi organ. 

Kurang tidur terbukti meningkatkan risiko penyakit serius seperti jantung, ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke. Selain itu, kualitas tidur berdampak signifikan terhadap suasana hati, memori, dan kemampuan berkonsentrasi. Meskipun manusia adalah satu-satunya mamalia yang menunda waktu tidurnya, hewan lanjut usia yang energik ini menjadikan kualitas tidur sebagai prioritas, yaitu 7 hingga 9 jam setiap malam.

4.Otak aktif, pikiran tetap tajam

Menjaga kekuatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik dalam upaya menjaga kesehatan penuaan. Para lansia yang aktif mengisi waktunya dengan aktivitas yang menantang otak mereka, mulai dari teka-teki silang hingga belajar bahasa baru. 

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Sarapan yang Perlu Kalian Hindari, Agar Perut Tidak Buncit

BACA JUGA:Cewek Wajib Tahu! Ternyata Ini Penyebab Kamu Sering Sakit Saat Haid

Mereka memahami bahwa meningkatkan kinerja mental bukan hanya kesenangan, tetapi juga investasi jangka panjang dalam kesehatan mental. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa stimulasi otak dapat memberikan manfaat jangka panjang bagi kesehatan mental. Konsepnya sederhana: gunakan atau hilangkan - otak terlatih dan sempurna di masa depan.

5.Relasi positif, sumber energi tak terbatas

Kuatnya ikatan sosial menjadi tema umum di kalangan lansia yang masih aktif di usia lanjut. Mereka sangat berhati-hati dalam menciptakan dan memelihara hubungan positif yang memperkaya kehidupan mereka. Berinteraksi dengan keluarga, teman lama, atau teman baru adalah sumber kekuatan dan energi positif. 

BACA JUGA:Catat Girls, 4 Tips Ini Dapat Hindari Bibir Kering

Kategori :