Jarang Diketahui Ternyata 5 Manfaat Matcha Ini Bagus Untuk Kesehataan

Selasa 15-10-2024,11:00 WIB
Reporter : Ayu Fitriani
Editor : Ayu Fitriani


ilustrasi matcha--freepik

Senyawa tertentu dalam matcha, seperti kafein dan L-theanine, dapat meningkatkan fungsi otak, termasuk perhatian dan memori. Studi menunjukkan bahwa orang yang menggunakan matcha memiliki kemampuan belajar yang lebih baik. 

Kafein dalam matcha meningkatkan energi, sedangkan L-theanine membantu menenangkan anda. Kombinasi ini menjadikan matcha ideal untuk meningkatkan konsentrasi tanpa menimbulkan masalah. Oleh karena itu, matcha dapat diminum untuk meningkatkan pembelajaran atau prestasi kerja.

BACA JUGA:5 Manfaat Matcha untuk Kesehatan yang Masih Jarang Diketahui

BACA JUGA:3 Vitamin dan Mineral Penambah Nafsu Makan Anak, Bantu Cegah Malnutrisi

4.Potensi mencegah kanker dan mendukung kesehatan jantung

Senyawa dalam matcha, seperti epigallocationchin-3-gallate (EGCG), telah terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker dalam penelitian di laboratorium.

Meski hasilnya positif, diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan efeknya pada manusia. Selain itu, mengonsumsi matcha membantu kesehatan jantung dengan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Banyak penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau, dengan manfaat serupa, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko komplikasi. Oleh karena itu, matcha dapat menjadi bagian dari pola makan sehat untuk menjaga kesehatan jantung dan mencegah kanker.

BACA JUGA:4 Resep Jus untuk Atasi Insomnia atau Susah Tidur

BACA JUGA:5 Sayuran Tinggi Kalsium, Bagus untuk Kesehatan Tulang di Usia Menua

5.Mudah disiapkan dan dapat dinikmati berbagai cara

Salah satu kelebihan matcha adalah cara pembuatannya yang mudah. Anda bisa membuat teh matcha hanya dengan mencampurkan bubuk matcha dengan air panas dan diaduk. 

Selain itu, matcha juga bisa digunakan dalam berbagai bentuk seperti latte, smoothie, atau hidangan penutup. Hal ini menjadikannya pilihan yang layak dan mudah untuk meningkatkan asupan nutrisi. Matcha dapat dicicipi dengan berbagai cara tergantung selera dan gaya hidup anda. 

Matcha merupakan teh hijau yang kaya akan antioksidan dan menawarkan berbagai manfaat kesehatan, termasuk mendukung fungsi otak, kesehatan hati, dan pencegahan penyakit. Dengan persiapannya yang sederhana, matcha adalah pilihan yang tepat untuk menambahkan nutrisi ke dalam makanan harian anda.

BACA JUGA:5 Kebiasaan Ini Bantu Perut Kamu Tidak Buncit Lagi

Kategori :