Ingin Tahu Keaslian Sertifikat pada Emas Antam? Begini Cara Pengecekannya!

Ingin Tahu Keaslian Sertifikat pada Emas Antam? Begini Cara Pengecekannya!

ilustrasi emas antam--

SILAMPARITV.CO.IDKejaksaan Agung mendalami 109 ton emas Antam Logam Mulia atau LM 'Aspal' yakni emas asli tapi palsu, dan menetapkan enam mantan Dirut PT Antam sebagai tersangka kasus dugaan korupsi.

Para tersangka menyalahgunakan kekuasaannya dengan melakukan kegiatan ilegal di bidang jasa produksi peleburan, pemurnian, dan pencetakan logam mulia.

Karena harga emas batangan mahal, banyak orang menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan keuntungan besar.

Selain emas, perorangan juga mencetak sertifikat emas. Fungsi dari sertifikat emas sendiri adalah untuk menjamin keamanan dan kemurnian emas tersebut.

BACA JUGA:UMKM Sumsel Naik Kelas Mampu Bersaing di Pasar Internasional

Kondisi ini merugikan pembeli, sehingga penting untuk mengetahui cara mengecek keaslian Sertifikat Emas Antam yang dikutip dari situs resminya.

Tunjukkan Sertifikat Emas Antam Anda di bawah lampu atau sinar matahari. Jika sertifikat memiliki tanda air seperti huruf C bergantian, maka sertifikat tersebut asli.

Karena huruf C saling bertautan, maka apa itu lambang S yang merupakan singkatan dari Swadharma, pihak yang menerbitkan sertifikat Antam.

Tentu saja lambang Swadharma juga terlihat pada sinar UV. Ketika sinar UV menunjukkan benang bercahaya di sisi lain sertifikat, yang sulit dilihat dengan mata telanjang.

BACA JUGA:Harga Bitcoin Terbaru di Tahun 2024: Apa yang Dapat Diharapkan?

Selain benang, ada juga balok yang mengkilat dan menunjukkan sertifikat asli emas Antam di bawah sinar UV.

Selain itu, nomor seri pada sertifikat emas Antam dapat dipadukan dengan nomor yang tertera pada emas batangan. Kalau cocok, sertifikat dan emasnya cocok.

Unduh dan instal aplikasi CertiEye di ponsel cerdas Anda. Kemudian scan barcode (CertiCode) yang tercetak pada strip emas.

Jika emasnya asli dan sertifikat emas Antam benar, maka akan muncul logo Antam dan tulisan AUTHENTICATED di aplikasi CertiEye.

Sumber: