Rahasia Memanaskan Motor Injeksi Agar Awet dan Hemat Bensin

Rahasia Memanaskan Motor Injeksi Agar Awet dan Hemat Bensin

--

SILAMPARITV.CO.ID - Memanaskan motor sebelum digunakan adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pengendara, terutama di Indonesia. 

Namun, dengan teknologi injeksi yang semakin canggih, cara memanaskan motor harus dilakukan dengan benar agar motor tetap awet dan hemat bensin.

 Berikut adalah beberapa tips dari para ahli tentang cara memanaskan motor injeksi dengan benar.

1. Tidak Perlu Lama-Lama

Salah satu keuntungan dari motor injeksi adalah efisiensi dalam proses pemanasan mesin. Menurut para ahli, motor injeksi modern hanya memerlukan waktu pemanasan sekitar 1-2 menit. 

Teknologi injeksi sudah dirancang untuk mengatur campuran bahan bakar dan udara secara optimal, sehingga motor cepat mencapai suhu kerja yang ideal.

2. Jangan Gunakan Gas Berlebihan

Ketika memanaskan motor injeksi, hindari memutar gas secara berlebihan. Menggeber gas saat mesin masih dingin dapat menyebabkan keausan pada komponen mesin. 

BACA JUGA:Yamaha ALL NEW NMAX TURBO Siap Diluncurkan, ini Tenaga, Top speed dan Konsumsi BBMnya

Biarkan mesin berjalan pada putaran idle yang stabil. Teknologi injeksi sudah memastikan aliran bahan bakar yang tepat tanpa perlu intervensi dari pengendara.

3. Perhatikan Suhu Lingkungan

Jika motor diparkir di lingkungan yang sangat dingin, waktu pemanasan mungkin sedikit lebih lama dari biasanya. Namun, tetap hindari memanaskan mesin lebih dari 3 menit. 

Suhu lingkungan yang dingin dapat mempengaruhi viskositas oli, sehingga perlu sedikit lebih lama untuk mencapai sirkulasi yang optimal.

4. Gunakan Oli Berkualitas

Sumber: