Siap memasok Energi Hijau ke Perusahaan Fashion Global H&M Group untuk Dukung Dekarbonisasi di Sektor Industri

Siap memasok Energi Hijau ke Perusahaan Fashion Global H&M Group untuk Dukung Dekarbonisasi di Sektor Industri

PLN siap bantu energi hijau ramah lingkungan--

SILAMPARITV.CO.IDPT PLN (Persero) siap memasok 210 gigawatt (GWh) energi hijau ramah lingkungan per tahun kepada perusahaan fashion global H&M Group. 

Dengan menggandeng H&M dalam penyediaan listrik ramah lingkungan, PLN mendukung langkah penurunan emisi karbon dioksida khususnya di sektor industri Indonesia.

Nota Kesepahaman Green Energy as a Service (GEAS) Dedicated Source ditandatangani oleh PLN Enterprise, Nayusrizal, Wakil Presiden Penjualan dan Layanan Pelanggan (EVP) bersama dengan Direktur Regional untuk China dan Asia Tenggara.

H&M, Jessica Wilhelmsson dan CEO PLN UID Jawa Barat Susiana Mutia mensertifikasi sumber khusus tersebut sebagai pemasok listrik ramah lingkungan ke pembangkit H&M di wilayah Jawa Barat pada Rabu (19 Juni).

BACA JUGA:HP Sering Lemot? Begini 10 Cara Mengatasinya

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan PLN berkomitmen memitigasi dampak perubahan iklim dengan menyediakan listrik dari sumber yang ramah lingkungan.

"Sebagai perusahaan konversi energi terkemuka di tanah air, PLN mengapresiasi langkah H&M dalam berpartisipasi dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan oleh PLN. “Ini merupakan tonggak sejarah dalam upaya mendorong transisi energi dan keberlanjutan di industri fesyen Indonesia,” kata Darmawan.

Direktur Ritel dan Komersial PLN Edi Srimulyanti menjelaskan GEAS Dedicated Source yang digunakan HandM Group pada tahun 2025 merupakan layanan PLN bagi pelanggan industri yang membutuhkan listrik ramah lingkungan dari Produsen Energi Terbarukan (EBT) PLN.

Layanan ini dilengkapi dengan Sertifikat Energi Terbarukan (REC) yang diakui secara internasional.

BACA JUGA:PLN Sebagai Perusahaan Nasional Terdepan yang Diakui di Kancah Global

“Seperti yang kita ketahui bersama, HandM dan mitra manufakturnya berkomitmen untuk mempromosikan praktik berkelanjutan, termasuk penggunaan listrik ramah lingkungan, seperti pelanggan setia kami. “Oleh karena itu, dengan penandatanganan ini, kami berkomitmen untuk menyediakan energi ramah lingkungan yang dibutuhkan HandM dan pabrik mitranya,” jelas Edi.

Edi menambahkan, kerja sama ini juga menunjukkan visi kedua belah pihak untuk masa depan yang lebih hijau dan komitmen sejati terhadap keberlanjutan.

“Bersama-sama kita akan mencari cara-cara inovatif untuk mempercepat pemanfaatan energi hijau di Indonesia. Sehingga tidak hanya bermanfaat bagi PLN dan HandM, tapi juga masyarakat luas dan lingkungan sekitar,” kata Edi.

Direktur Regional HandM China dan Tenggara Asia Jessica Wilhelmsson menambahkan HandM Group memiliki visi untuk menjadi perusahaan sirkular dan sangat mendukung penggunaan energi ramah lingkungan.

Sumber: