Makanan yang Bisa Memicu GERD: Kenali dan Hindari untuk Kesehatan Lambung Anda

Makanan yang Bisa Memicu GERD: Kenali dan Hindari untuk Kesehatan Lambung Anda

Makanan yang Bisa Memicu GERD: Kenali dan Hindari untuk Kesehatan Lambung Anda--freepik

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, tomat, dan grapefruit memiliki kandungan asam yang tinggi. Konsumsi buah-buahan ini dapat meningkatkan asam lambung dan memperburuk gejala GERD.

BACA JUGA:6 Obat Rumahan yang Bisa Redakan Asam Lambung dan GERD

7. Makanan dan Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi, seperti soda dan air bergelembung, dapat menyebabkan peningkatan tekanan di perut, yang mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Gelembung-gelembung dalam minuman ini juga dapat menyebabkan perut kembung dan ketidaknyamanan.

8. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Bawang putih dan bawang bombay dapat mengiritasi lambung dan kerongkongan serta melemaskan LES, memperburuk gejala GERD pada beberapa orang.

BACA JUGA:Waspadai Bahaya Saos Tomat Bagi Penderita Asam Lambung, Ahli Berikan Peringatan!

9. Peppermint dan Spearmint

Meski sering digunakan untuk menenangkan perut, peppermint dan spearmint dapat melemaskan LES dan meningkatkan risiko refluks asam, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah besar.

10. Produk Olahan Susu Penuh Lemak

Produk susu penuh lemak, seperti keju, mentega, dan es krim, dapat memperlambat pengosongan lambung dan meningkatkan produksi asam lambung, memperburuk gejala GERD.

BACA JUGA:Menguak Bahaya Asam Lambung Bagi Kesehatan

Cara Mengelola Gejala GERD

Selain menghindari makanan yang dapat memicu GERD, ada beberapa langkah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengelola gejalanya:

• Makan dalam porsi kecil: Mengonsumsi makanan dalam porsi besar dapat meningkatkan tekanan di perut dan memicu refluks asam.

Sumber: