Sukses Tingkatkan Infrastruktur Listrik Sumatera, PLN Operasikan Gardu Induk Argamakmur di Bengkulu Utara

Sukses Tingkatkan Infrastruktur Listrik Sumatera, PLN Operasikan Gardu Induk Argamakmur di Bengkulu Utara

PT PLN Operasikan bangunan Gardu Induk Argamakmur di Bengkulu Utara--

SILAMPARITV.CO.IDSukses tingkatkan salah satu pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan untuk mendukung kebutuhan listrik Sumatera, PT PLN (Persero) operasikan gardu induk Argamakmur di Bengkulu Utara.

Gardu Induk (GI) 150/20 kV Argamakmur tersebut tepatnya berlokasi di Desa Lubuk Gedang, Kecamatan Lais, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu pada Senin, 5 Agustus 2024.

Gardu Induk Argamakmur berkapasitas 60 megavolt-ampere (MVA) melalui empat jalur feeder yang akan menyuplai 16 kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara. 

BACA JUGA:Erick Thohir Mendapat Pujian dari Anggota DPR RI Terkait Terobosan Klasterisasi dan Holdingisasi BUMN

BACA JUGA:Kegiatan Road to UI Half Marathon 2024 Siap Didukung oleh PLN UID di Sumatera Selatan

Pengoperasiannya dilakukan secara bertahap, dimana pada tahap 1, 2 saluran listrik beroperasi dengan beban 8 MW, dan pada tahap berikutnya, 2 saluran listrik lainnya beroperasi dengan beban 8 MW.

Jumlah pelanggan yang akan dilayani gardu induk ini sebanyak 86.972 pelanggan dengan kapasitas 16 MW.

Pengoperasian GI Argamakmur merupakan bagian dari upaya PLN dalam menyediakan tenaga listrik yang andal untuk memenuhi kebutuhan listrik di Provinsi Bengkulu yang terus meningkat. 

Pasokan listrik dari Gardu Induk Sukamerindu mungkin akan lebih stabil karena sebagian beban akan ditanggung oleh GI Argamakmur. 

BACA JUGA:Terbaru, Berikut Cara Cek Formasi dan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024

BACA JUGA:5 Tempat Wisata Pantai Paling Hits dan Terbaik di Kalimantan Barat

Direktur PLN Bengkulu Muhammad Syafdinnur mengatakan keberadaan gardu induk ini akan meningkatkan kualitas pelayanan sistem ketenagalistrikan Bengkulu, khususnya keandalan sistem distribusi dan pasokan listrik ke pelanggan di wilayah Bengkulu Utara. 

“Sampai saat ini Kabupaten Bengkulu Utara dilayani oleh Unit Pelayanan Pelanggan Argamakmur dengan menggunakan pasokan dari Gardu Induk Sukamerindu. Dengan hadirnya GI ini,” kata Syafdinnur,.

Pasokan listrik ke masyarakat akan lebih stabil dan terpercaya. Terpisah, Direktur Jenderal PLN Unit Induk Sumsel, Jambi, dan Bengkulu Adhi Herlambang mengatakan Energize GI Argamakmur meningkatkan kapasitas pasokan dan keandalan sistem ketenagalistrikan Sumatera khususnya di Provinsi Bengkulu.

Sumber: