PLN Berhasil Adakan Akses Listrik Bersih 24 Jam Bagi Warga Tiga Pulau di Pangkep, Pasang 118 Mikro PLTS

PLN Berhasil Adakan Akses Listrik Bersih 24 Jam Bagi Warga Tiga Pulau di Pangkep, Pasang 118 Mikro PLTS

PLN Berhasil Adakan Akses Listrik Bersih 24 Jam Bagi Warga Tiga Pulau di Pangkep--

SILAMPARITV.CO.IDPT PLN (Persero) berhasil adakan akses listrik bersih 24 jam bagi warga Tiga Pulau di Pangkep.

Tiga pulau terdebut diantaranya adalah Pulau Polewali, Pulau Saugi, dan Pulau Sapuli di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Listrik dari sumber energi baru terbarukan (EBT) di daerah termasuk lokal, luar negeri, dan belum berkembang (3T) setelah suksesnya instalasi PLN 118 unit pembangkit Listrik tenaga mikro (PLTS) dan penyimpanan energi untuk program Sorong Ultimate for Electrifying Solar for State akan datang SuperSUN ).

SuperSUN sendiri adalah generator tenaga surya mandiri 900 volt-ampere (VA) dengan kilowatt meter prabayar. Sistem ini dilengkapi panel PV berkapasitas 440 Wp - 700 Wp dan baterai berkapasitas 2 kWh.

BACA JUGA:PLN Kerjasama dengan Japan Bank for International Cooperation (JBIC) Terkait Investasi Transisi Energi

BACA JUGA:8 Sikap yang Membuatmu Tidak Menawan Lagi

Warga juga merasakan kebutuhan listrik bersih, salah satunya Basir Daeng Liong, warga Pulau Puloweli. Diakui Basir, kehadiran listrik PLN telah membantunya dan masyarakat sekitar menjadi lebih produktif. Sebelumnya, masyarakat yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan harus menempuh perjalanan ke daratan Pangkep sejauh 12,4 km melalui laut selama satu jam hanya untuk membeli es batu sebelum melaut mencari ikan. 

Dengan kehadiran listrik, Basir dapat menggunakan freezer untuk menyimpan ikannya.

“Kami sangat bersyukur dengan adanya listrik dari PLN. Sebelumnya untuk mendapatkan listrik, kami harus mengeluarkan biaya sebesar Rp 210 ribu per bulan untuk menyalakan listrik pada pukul 18.00 hingga 22.00. Kini dengan listrik, selain kulkas , masyarakat memanfaatkan listrik untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti menjalankan pompa air dan kebutuhan pendidikan anak di malam hari. Inovasi ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan perekonomian," kata Basir.


--

BACA JUGA:Ternyata Segini Honor Paskibraka Tahun 2024, Intip Yuk!

BACA JUGA:Petaka Menimpa Mulyono, Lomba Panjat Pinang Berakhir Duka

“Kami mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan SuperSUN di ketiga pulau ini. Saya berharap masyarakat dapat melestarikannya,” kata Yusran. 

Sumber: