Cara Bikin Sambal Ikan Ulek Cabe Ijo, Bisa Jadi Menu Makan Siang Pakai Nasi Anget

Cara Bikin Sambal Ikan Ulek Cabe Ijo, Bisa Jadi Menu Makan Siang Pakai Nasi Anget

ilustrasi sambel ikan ulek cabe ijo--Yt @Harian Sederhana TV

1/2 sendok teh gula pasir

1/2 sendok teh kaldu bubuk (opsional)

BACA JUGA:Begini Cara Buat Pempek Ala Khas Palembang, Mudah dan Praktis

BACA JUGA:Resep Ayam Lada Hitam Ala Restoran: Sajian Lezat dan Mudah Dibuat di Rumah

1 lembar daun jeruk, buang tulangnya

Cara Memasak:

Goreng Ikan: Panaskan minyak dalam wajan. Goreng potongan ikan tongkol hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan. Agar ikan tetap renyah, pastikan minyak sudah benar-benar panas sebelum memasukkan ikan.

Siapkan Sambal Cabe Ijo: Dalam wajan yang sama, kurangi minyak hingga tersisa sedikit. Tumis bawang merah, bawang putih, cabai hijau besar, cabai rawit, dan tomat hijau hingga layu dan harum. Tambahkan daun jeruk untuk memberikan aroma segar pada sambal.

BACA JUGA:Resep Bakpao Kukus Simple: Kue Uap yang Mudah dan Lezat!

BACA JUGA:Resep Nugget Tanpa Kukus dan Oven untuk Stok Lauk di Rumah

Ulek Sambal: Angkat bahan-bahan yang telah ditumis, lalu ulek kasar. Sambal yang diulek kasar akan memberikan tekstur yang lebih nikmat saat dicampur dengan ikan.

Campurkan Ikan: Masukkan ikan tongkol goreng ke dalam sambal yang sudah diulek. Ulek lagi sebentar hingga ikan tercampur dengan sambal, tetapi pastikan ikan tidak terlalu hancur agar teksturnya masih terasa saat disantap.

Bumbui: Tambahkan garam, gula pasir, dan kaldu bubuk jika suka. Aduk rata dan masak kembali sebentar di atas api kecil hingga bumbu meresap ke dalam ikan. Cicipi dan sesuaikan rasa sesuai selera.

Sajikan: Pindahkan sambal ikan ulek cabe ijo ke piring saji. Hidangan ini paling nikmat disajikan dengan nasi putih hangat dan lalapan segar seperti mentimun, selada, atau daun kemangi. Kombinasi rasa pedas, gurih, dan segar dari sambal ini akan membuat makan siangmu lebih berkesan.

BACA JUGA:Resep Adonan Kue Cubit Lembut untuk Snack Akhir Pekan

Sumber: