Tumbuh Uban Tanda Kekurangan Vitamin Apa? Cek Disini!

Tumbuh Uban Tanda Kekurangan Vitamin Apa? Cek Disini!

ilustrasi penyebab munculnya rambut uban--halodoc

Kekurangan tembaga dapat mengganggu proses produksi pigmen ini, sehingga rambut lebih cepat beruban. Makanan seperti hati sapi, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber tembaga yang baik.

Kekurangan Vitamin D Vitamin D memiliki peran dalam pertumbuhan folikel rambut. Jika tubuh kekurangan vitamin D, folikel rambut bisa menjadi lemah, sehingga rambut lebih mudah rontok atau berubah warna.

Paparan sinar matahari dan konsumsi makanan kaya vitamin D, seperti ikan berlemak dan susu yang diperkaya, dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin ini.

Kekurangan Zat Besi Zat besi juga berperan dalam kesehatan rambut, terutama dalam distribusi oksigen ke akar rambut.

BACA JUGA:Begini Cara Buat Kolagen Alami Hanya dengan Sayur dan Buah Agar Awet Muda

BACA JUGA:5 Kebiasaan yang Sering Diterapkan Agar Awet Muda Meski Umur 70-an

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok dan perubahan warna. Konsumsi daging merah, sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan adalah cara yang baik untuk menjaga kadar zat besi dalam tubuh.

Jika rambut mulai beruban lebih cepat dari yang seharusnya, ada baiknya untuk memeriksa asupan nutrisi harian. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin B12, biotin, zat besi, vitamin D, dan tembaga dapat membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegah uban dini.

BACA JUGA:Melakukan 7 Kebiasaan Ini Membuatmu Nampak Awet Muda

Sumber: