Mengungkap Fakta Mengapa Kopi Hitam Lebih Sehat? Ini Alasannya!

Mengungkap Fakta Mengapa Kopi Hitam Lebih Sehat? Ini Alasannya!

ilustrasi manfaat kopi untuk kesehatan--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKopi hitam telah lama menjadi minuman favorit banyak orang di seluruh dunia, terutama karena rasanya yang kuat dan kemampuannya untuk memberikan dorongan energi.

Namun, selain sebagai minuman yang menyegarkan, kopi hitam ternyata memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang sering kali tidak diketahui banyak orang. 

Mengutip dari Jurnal Harvard T.H. Chan School of Public Health, Minggu 13 Oktober 2024, berikut adalah beberapa alasan mengapa kopi hitam dianggap lebih sehat daripada kopi yang ditambahkan gula, susu, atau krimer.

1. Rendah Kalori 

BACA JUGA:5 Manfaat Matcha untuk Kesehatan yang Masih Jarang Diketahui

BACA JUGA:Ketahui 3 Manfaat Silent Walking yang Lagi Tren

Salah satu alasan utama mengapa kopi hitam lebih sehat adalah karena hampir tidak mengandung kalori. 

Dalam satu cangkir kopi hitam, hanya terdapat sekitar 2-5 kalori. Ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik bagi mereka yang ingin menjaga atau menurunkan berat badan, dibandingkan dengan kopi yang diberi tambahan gula atau susu yang bisa menambah ratusan kalori per cangkir.

2. Kaya Antioksidan 

Kopi hitam kaya akan antioksidan, terutama senyawa polifenol yang berperan penting dalam melawan radikal bebas dalam tubuh. 

BACA JUGA:4 Resep Jus untuk Atasi Insomnia atau Susah Tidur

BACA JUGA:5 Sayuran Tinggi Kalsium, Bagus untuk Kesehatan Tulang di Usia Menua

Antioksidan ini membantu mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Beberapa studi bahkan menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson di usia tua.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif 

Sumber: