Aktivitas yang Bisa Bikin Otak Encer dan Mencegah Pikun di Usia Tua

Aktivitas yang Bisa Bikin Otak Encer dan Mencegah Pikun di Usia Tua

ilustrasi bermain catur untuk meningkatkan kecerdasan--

SILAMPARITV.CO.IDOtak merupakan organ yang penting bagi fungsi manusia. Organ ini mengontrol segala sesuatu yang berhubungan dengan tubuh, seperti pikiran, gerakan, dan emosi.

Seiring bertambahnya usia, otak mengalami perubahan fisiologis yang memengaruhi memori, konsentrasi, dan daya ingat. Namun hal ini dapat dilakukan melalui banyak metode baik berupa pelatihan otak

Dilansir dari laman Times of India, Sabtu 12 Oktober 2024 bahwa melakukan latihan otak seperti memecahkan teka-teki sudoku dapat meningkatkan keterampilan kognitif, memori, dan kesehatan mental secara keseluruhan. Selain memecahkan teka-teki, aktivitas berikut ini dipercaya dapat membantu otak tetap waspada dan fokus.

1. Belajar bahasa baru 


ilustrasi belajar bahasa baru--freepik

BACA JUGA:5 Rekomendasi Serum Wajah untuk Usia 40-an dari Luxury Brand

BACA JUGA:5 Tanda Untuk Mengetahui Pasangan Anda Berbohong Atau Tidak

Mempelajari bahasa baru mempunyai banyak manfaat bagi otak. Beberapa di antaranya adalah meningkatkan fungsi kognitif, daya ingat, dan keterampilan memecahkan masalah. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran bahasa atau kursus online yang menawarkan cara terstruktur dan mudah untuk mempelajari bahasa baru.

Sebuah studi tahun 2018 menemukan bahwa bilingualisme dapat mengubah struktur otak, terutama di area yang menunjukkan lebih banyak cadangan saraf, membantu mengatasi penurunan kognitif terkait usia dan retensi fungsi kognitif.

2. Membaca dan mencatat secara aktif

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Student Research menemukan bahwa mencatat meningkatkan daya ingat di kalangan siswa berusia 13 hingga 18 tahun dibandingkan dengan menulis tangan atau tidak mencatat.

BACA JUGA:11 Bahan Aktif Skincare yang Tidak Boleh Dicampur, Hindari Kesalahan Ini!

BACA JUGA:Orang yang Cerdas Biasanya Cenderung Lebih Mudah Stres, Kenapa?

3. Meditasi

Sumber: