Aktivitas yang Bisa Bikin Otak Encer dan Mencegah Pikun di Usia Tua

Aktivitas yang Bisa Bikin Otak Encer dan Mencegah Pikun di Usia Tua

ilustrasi bermain catur untuk meningkatkan kecerdasan--


ilustrasi meditasi--freepik

Luangkan waktu untuk bermeditasi di sela-sela kesibukan. Meditasi dapat meningkatkan perhatian, memori dan fungsi eksekutif.Meditasi meningkatkan kemampuan merencanakan dan memecahkan masalah.Cobalah untuk duduk di tempat yang tenang, pejamkan mata dan fokus pada pernapasan Anda. Tarik napas dalam-dalam, hitung sampai empat dan pelan-pelan.

4. Permainan catur

Permainan catur penuh dengan perencanaan strategis dan konsentrasi. Ini adalah pelatihan mental yang komprehensif. Analisis terhadap 24 penelitian menunjukkan bahwa latihan catur dapat meningkatkan keterampilan matematika dan kognitif umum pada siswa sekolah dasar, dengan ambang batas kinerja efektif 25-30 jam.

BACA JUGA:Niat Hendak Amankan Pelaku Penganiayaan, Polisi di Bengkulu Malah Tewas Dibacok

BACA JUGA:5 Perbedaan Concealer dan Foundation yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Makeup

5. Permainan TTS ( Teka-Teki Silang )

Permainan TTS merangsang aktivitas mental karena melibatkan otak secara langsung. Bermain TTS secara teratur meningkatkan daya ingat, keterampilan memecahkan masalah, pengetahuan umum dan apresiasi kosa kata. 

6. Permainan Sudoku 

Permainan berbasis logika ini melibatkan korteks prefrontal (PFC) pada otak. Permainan mengisi kotak berukuran 9x9 dengan angka ini dapat digunakan sebagai pelatihan mental bagi penderita depresi, gangguan bipolar, dan penyakit Alzheimer.

BACA JUGA:Ingin Mulai Coba Skincare Anti-Aging? Neutrogena 'Visible Repair' Hadir Dengan Pure Retinol SA

Sumber: