3 Jenis Olahraga Cardio yang Bisa Naikkan Berat Badan

3 Jenis Olahraga Cardio yang Bisa Naikkan Berat Badan

Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)--halodoc

SILAMPARITV.CO.IDSaat membahas tentang peningkatan berat badan, banyak orang mengaitkan hal ini dengan makanan dan asupan kalori. 

Namun, olahraga juga berperan penting dalam membentuk tubuh dan mempengaruhi berat badan

Meski umumnya olahraga cardio dikaitkan dengan penurunan berat badan, ada beberapa jenis olahraga cardio yang justru dapat membantu menambah berat badan, terutama jika dilakukan dengan cara yang tepat. 

Berikut ini adalah tiga jenis olahraga cardio yang bisa membantu menaikkan berat badan, dilansir dari artikel Sehat Mental, oleh Sari, A (2003), pada Minggu 20 Oktober 2024.

BACA JUGA:4 Gerakan Ringan untuk Meningkatkan Massa Otot, Cocok untuk Program Naikkan Berat Badan

BACA JUGA:Ketahui 3 Manfaat Silent Walking yang Lagi Tren

1. Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)


Latihan Interval Intensitas Tinggi (HIIT)--halodoc

Latihan interval intensitas tinggi atau HIIT adalah metode latihan yang melibatkan periode singkat aktivitas fisik yang sangat intens, diikuti oleh periode pemulihan yang lebih ringan. HIIT dapat meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh membakar kalori secara efisien. 

Jika dilakukan dengan benar, HIIT dapat merangsang pertumbuhan otot. Pertumbuhan otot ini berkontribusi pada kenaikan berat badan, karena otot lebih berat daripada lemak. Melakukan HIIT secara teratur sambil mengonsumsi kalori yang cukup dapat memberikan hasil yang optimal.

2. Olahraga Lari Jarak Pendek


Olahraga Lari Jarak Pendek--freepik

Lari jarak pendek atau sprint adalah bentuk olahraga cardio yang efektif dalam membangun kekuatan otot. Meskipun lari sering diasosiasikan dengan penurunan berat badan, sprint dapat merangsang pertumbuhan otot pada kaki dan inti tubuh. 

BACA JUGA:Ini 5 Manfaat Berjalan Kaki 10.000 Langkah Setiap Hari, Tak Banyak Orang Tahu

Sumber: