Google Rilis Gemini AI, Model Kecerdasan Buatan yang Jadi Pesaing ChatGPT.

Google Rilis Gemini AI, Model Kecerdasan Buatan yang Jadi Pesaing ChatGPT.

--

BACA JUGA:Banjir Melanda Desa Sri Mulyo Membuat Akses Jalan Terhambat Dan Kerugian Pembudidaya Ikan

Dengan peluncuran Gemini, Google sekarang memiliki produk AI yang dapat menjadi pesaing serius terhadap model-model sejenis di pasaran. Pengguna dapat langsung mengaksesnya dengan melalui Google Bard, membuka peluang baru untuk eksplorasi dan pemanfaatan kecerdasan buatan dalam berbagai konteks.

Google juga berencana untuk memperkenalkan Bard Advanced tahun depan, memberikan akses pertama ke model dan kemampuan paling canggih yang mereka miliki. Belum pasti apakah versi Advanced ini akan berbayar atau gratis, sejalan dengan strategi OpenAI untuk ChatGPT.

Perlu diketahui bahwa Gemini hanya tersedia untuk versi bahasa Inggris dari Bard. Gemini juga bakal tersedia di Google Pixel 8 Pro sebagai bagian dari Desember Feature Drop untuk ponsel Pixel.

Varian dari Nano Gemini akan mendukung fitur-fitur lain seperti Summarize di aplikasi Perekam eksklusif Pixel dan pratinjau pengembang untuk Smart Replies di Gboard. Fitur Smart Replies ini bakal pertama kali hadir di WhatsApp sebelum diperluas ke lebih banyak aplikasi komunikasi tahun depan.

BACA JUGA:PT. Tirta Fresindo Jaya (Mayora Group), Buka Lowongan Kerja Terbaru Desember 2023, Buruan Sebelum Terlambat!

Dalam beberapa bulan yang akan datang, Google berencana menyediakan Gemini untuk lebih banyak produk, termasuk Penelusuran, Iklan, Chrome, dan Duet AI. Mereka juga sudah menguji Gemini di Search untuk Search Generative Experience (SGE), yang berhasil mengurangi latensi hingga 40 persen dalam bahasa Inggris di AS.

Pengembang Android yang tertarik untuk bisa mendaftar mendapatkan pratinjau Gemini Nano, memungkinkan mereka untuk menambahkan kecerdasan buatan ke aplikasi mereka sendiri.

Ini merupakan bagian dari aplikasi AI Core Google yang misterius, yang sudah diinstal sebelumnya pada Pixel 8 Pro, dan sekarang diungkapkan rahasianya.

Aplikasi ini akan mendukung prosesor dari Qualcomm, Samsung S.LSI, MediaTek, dan Google sendiri, memanfaatkan kemampuan pembelajaran mesin.

BACA JUGA:Dinding Lembab dan Berjamur Karena Musim Hujan, Begini Cara Atasinya

Meskipun untuk versi Pro dan Nano dari Gemini sudah diluncurkan, Google masih akan melakukan optimasi untuk versi Ultra. Model paling canggih ini masih perlu membutuhkan lebih banyak pengujian keamanan, dan Google berencana membuka Gemini Ultra untuk mitra tertentu.

Peluncuran yang besar-besaran akan dilakukan pada "awal tahun depan" untuk pengembang dan pelanggan perusahaan setelah sejumlah pengujian dan peningkatan.

BACA JUGA:Hilangkan Perut Buncit Dengan 5 Hal Ini

Sumber: