Ingin Terhindar dari Penyakit Ain? Berikut Tata Cara dan Doa yang Perlu Diamalkan!

Ingin Terhindar dari Penyakit Ain? Berikut Tata Cara dan Doa yang Perlu Diamalkan!

--

Silampari TV - Ada tata cara serta doa yang perlu kita amalkan sebagai umat muslim untuk terhindar dari penyakit ain. Namun, terkadang penyakit ain oleh sebagian banyak umat muslim dianggap penyakit yang biasa saja akan tetapi tanpa disadari penyakit ain merupakan penyakit yang sangat berbahaya bahkan bisa mematikan bagi penderitanya.

Pada zaman sekarang tidak dipungkiri akan banyaknya penggunaan media sosial yang mendorong timbulnya penyakit ain. Di dalam ajaran Islam penyakit ini dinilai sangat berbahaya karena kemunculannya tidak disadari yang memberikan banyak dampak buruk bagi penderitanya.

Lantas, apa penyakit ain itu sebenarnya?

Mengutip dari jurnal Penyakit Ain dalam Perspektif Islam: Studi Takhrij dan Syarah Hadis karya Laelatul Azqia, penyakit ain adalah suatu penyakit yang tidak tergolong ke dalam penyakit fisik maupun rohani yang dapat terlihat oleh kasat mata.

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini Agar Allah SWT Jauhkan dari Kekurangan dan Kemiskinan

Akan tetapi, penyakit ain secara langsung akan memberikan perubahan terhadap kesehatan fisik maupun jasmani bagi penderitanya tanpa disadari. Pada dasarnya, penyakit ain ini disebabkan oleh pandangan mata orang yang memiliki rasa dengki maupun takjub atau kagum.

Hal demikian lah kemudian dimanfaatkan oleh setan untuk membahayakan keselamatan bagi orang yang terkena penyakit tersebut. Hal lain juga, pandangan mata akan dapat menyebar ke bagian tubuh manusia melalui kontak langsung, antara lain seperti pertemuan, pandangan, mengerahkan roh kepada orang yang akan dipengaruhi, doa, mantra, ilusi, imajinasi, dll.

Efek-efek atau ciri-ciri yang ditimbulkan pun beragam, antara lain mulai dari sakit, celaka, atau bahkan yang paling parah dapat menyebabkan kematian.

Hadis Sahih Tentang Penyakit Ain

BACA JUGA:Sudahi Galau! Mari Amalkan Doa Penenang Hati dan Pikiran Agar Merasa Damai

Dalam pandangan Islam, keberadaan penyakit ain sudah ada sejak zaman Rasulullah SAW. Sesuai yang sudah dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam salah satu hadisnya. Berikut hadis tentang keberadaan penyakit ain.

 الْعَيْنُ حَقٌّ وَلَوْ كَانَ شَىْءٌ سَابَقَ الْقَدَرَ سَبَقَتْهُ الْعَيْنُ

"Ain itu nyata (Haq), kalau saja ada sesuatu yang mendahuluii takdiir, niscaya 'ain akan mendahuluiinya." (HR Muslim).

BACA JUGA:Musim Hujan Telah Tiba, Amalin Doanya Supaya Mendatangkan Rahmat

Doa Agar Terhindari Penyakit Ain

Mengutip dari situs Nahdlatul Ulama (NU) terdapat doa yang berisi tentang bentuk permohonan akan perlindungan Allah SWT dari penyakit ain, sebagaimana dalam Hadis yang sudah dijelaskan oleh Rasulullah SAW di bawah ini.

 أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

"Aku berlindung dengan kalimat-kalimat Allah SWT yang sempurna dari semua setaan, biinatang yang beracun, dan 'ain yang menyakiitkan." (HR al-Bukhari).

Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan untuk mencegah atau tehindar akan timbulnya penyakit ain pada diri sendiri maupun orang lain. Berikut beberapa caranya yang perlu diketahui.

BACA JUGA:Mau Cepat Dapat Pekerjaan Yang Halal dan Berkah, Yuk Amalin Doanya!

o   Ketika melihat suatu hal yang mengagumkan baik makhluk hidup maupun benda mati, hendaknya mengucapkan kalimat "Laa haula walaa quwwata illa billah".

o   Melindungi diri dengan mengucapkan doa dan ta'awudz atau doa perlindungan sesuai syariat Islam.

o   Rutinkan mengucapkan dzikir pagi atau dzikir petang, serta zikir-zikir harian lainnya.

o   Menghilangkan rasa hasad kepada orang lain.

o   Menghindari sikap suka pamer, dan berhias diri dengan sifat tawadhu atau rendah hati.

o   Menjaga dan memelihara segala kewajiban, serta menjauhi segala hal yang dilarang Allah SWT.

BACA JUGA:Mencintaimu Dalam Doa, Dengan Isyarat Tanpa Tertangkap Oleh Indera

Sumber: