2 Rakaat Sebelum Subuh Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya, Berikut Penjelasannya!

2 Rakaat Sebelum Subuh Lebih Baik dari Dunia dan Seisinya, Berikut Penjelasannya!

Ilustrasi Waktu Shalat Qobliyah Subuh--

SILAMPARITV.CO.ID - Shalat sunnah qobliyah/sebelum subuh atau shalat sunnah Fajar yaitu shalat dua raka’at sebelum pelaksanaan shalat Subuh di antara adzan dan iqomah. Shalat qobliyah subuh termasuk kedalam shalat rawatib.

Shalat rawatib adalah shalat sunnah yang dikerjakan dan dirutinkan sebelum atau sesudah shalat wajib.

Shalat qobliyah subuh ini memiliki keutamaan yang besar, sampai-sampai ketika safar, Rasulullah SAW pun terus menerus menjaganya.

Shalat qabliyah shubuh menjadi salah satu Shalat Sunnah yang memiliki begitu banyak manfaat bagi yang mendirikannya. 

BACA JUGA:Shalat Tarawih Di Masjid Diperbolehkan

Didalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi menyebutkan hadits yang berasal dari Sayyidah Aisyah, bahwasanya Nabi Muhammad SAW bersabda:

"(Shalat) dua rakaat sebelum shalat subuh itu lebih baik daripada dunia dan segala isinya." (HR Muslim)

Didalam riwayat lainnya dikatakan bahwa, "Dua rakaat sebelum subuh itu lebih aku sukai daripada dunia dengan segala isinya."

Rajin Menjaga Shalat Sunnah Qobliyah Shubuh

BACA JUGA:Ingin Terhindar dari Penyakit Ain? Berikut Tata Cara dan Doa yang Perlu Diamalkan!

Dari 'Aisyah mengatakan bahwa, “Nabi Muhammad SAW tidaklah menjaga shalat sunnah yang lebih daripada menjaga shalat sunnah dua rakaat sebelum Subuh”  (HR. Muslim no. 724).

‘Aisyah berkata, dalam lafazh lainnya bahwa “Aku tidaklah pernah mendengar Rasulullah SAW mengerjakan shalat sunnah yang lebih semangat dibanding dengan shalat sunnah dua rakaat sebelum Fajar” (HR. Muslim no. 724).

Dalil yang menjelaskan tentang bacaan yang dianjurkan ketika shalat sunnah qobliyah shubuh dijelaskan dalam hadits berikut ini:

“Sesungguhnya Rasulullah SAW membaca ketika shalat sunnah qobliyah shubuh surat Al Kafirun dan surat Al Ikhlas” (HR. Muslim no. 726).

BACA JUGA:Amalkan Doa Ini Agar Allah SWT Jauhkan dari Kekurangan dan Kemiskinan

Adapun keutamaannya yaitu Lebih dari Dunia Seluruhnya

Dalil yang menunjukkan keutamaan shalat sunnah qobliyah Shubuh yaitu hadits dari ‘Aisyah di mana Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Dua rakaat fajar atau shalat sunnah qobliyah shubuh lebih baik daripada dunia dan seisinya.” (HR. Muslim no. 725).

Di dalam lafazh lainnya, ‘Aisyah berkata bahwa Nabi Muhammad SAW berbicara mengenai dua raka’at ketika telah terbit fajar subuh, “Dua raka’at shalat sunnah fajar lebih kucintai daripada dunia seluruhnya” (HR. Muslim no. 725).

BACA JUGA:Sudahi Galau! Mari Amalkan Doa Penenang Hati dan Pikiran Agar Merasa Damai

Sebagian umat muslim ada yang membedakan antara shalat sunnah fajar dan shalat sunnah qobliyah shubuh. Hal tersebut jelaslah keliru.

Sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Imam Nawawi sebagai berikut: “Shalat sunnah Subuh tidaklah dilakukan melainkan setelah terbit fajar Subuh. Dan dianjurkan shalat tersebut dikerjakan di awal waktunya dan dilakukan dengan diperingan. Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i  dan para jumhur (baca: mayoritas) ulama.” (Syarh Shahih Muslim, 6: 3).

Semoga hidayah Allah SWT selalu menghampiri kita, tetap istiqomah dan semangat ya bestie!

 BACA JUGA:Musim Hujan Telah Tiba, Amalin Doanya Supaya Mendatangkan Rahmat

Sumber: